Kewajiban Menghafal Juz Amma dan Do’a Harian sebagai Syarat Kelulusan Murid di Madrasah Tsanawiyah Negeri Sumberbaru Jember Tahun Pelajaran 2015/2016

Aprilia, Aisya (2016) Kewajiban Menghafal Juz Amma dan Do’a Harian sebagai Syarat Kelulusan Murid di Madrasah Tsanawiyah Negeri Sumberbaru Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Aisya Aprilia_084 121 219.pdf

Download (29MB)

Abstract

Aisya Aprilia, 2016 : Kewajiban Menghafal Juz Amma dan Do’a Harian sebagai Syarat Kelulusan Murid di Madrasah Tsanawiyah Negeri Sumberbaru Jember Tahun Pelajaran 2015/2016 Menghafal al-Qur’an merupakan tanggung jawab dan tugas yang sangat besar dan mulia. Menghafal al-Qur’an menjadi sangat penting karena banyak keutamaan yang telah Allah SWT janjikan bagi para pelestari kitabnya yaitu berupa pahala, dinaikkan derajatnya, dapat diberi kemenangan didunia dan diakhirat. Ayat-ayat al-Qur’an mengandung keindahan dan kemudahan untuk dihafal bagi mereka yang ingin menghafalnya dan menyimpannya didalam hati. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus penelitian dalam penelitian ini antara lain: 1) Bagaimana metode menghafal juz amma dan do’a harian sebagai syarat kelulusan murid di Madrasah Tsanawiyah Negeri Sumberbaru Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. 2) Bagaimana teknik evaluasi menghafal juz amma dan do’a harian sebagai syarat kelulusan murid di Madrasah Tsanawiyah Negeri Sumberbaru Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan metode menghafal juz amma dan do’a harian sebagai syarat kelulusan murid di Madrasah Tsanawiyah Negeri Sumberbaru Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. 2) Mendeskripsikan teknik evaluasi menghafal juz amma dan do’a harian sebagai syarat kelulusan murid di Madrasah Tsanawiyah Negeri Sumberbaru Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian study kasus dengan subjek penelitian menggunakan purposive sampling dan metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verification. Untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan metode. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa kewajiban menghafal juz amma dan do’a harian sebagai syarat kelulusan murid di Madrasah Tsanawiyah Negeri Sumberbaru Jember Tahun Pelajaran 2016/2016, yang diterapkan di MTs Negeri Sumberbaru sudah berjalan dengan baik yang didalamnya tedapat 1) metode menghafal juz amma dan do’a harian sebagai syarat kelulusan murid di Madrasah Tsanawiyah Negeri Sumberbaru Jember Tahun Pelajaran 2015/2016 yaitu dengan menggunakan metode binnadhor dan metode bilghoib 2) teknik menghafal juz amma dan do’a harian sebagai syarat kelulusan murid di Madrasah Tsanawiyah Negeri Sumberbaru Jember Tahun Pelajaran 2015/2016 yaitu dengan menggunakan teknik tes dan teknik non tes .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012799 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diah Magang
Date Deposited: 26 Jan 2023 02:47
Last Modified: 26 Jan 2023 02:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18103

Actions (login required)

View Item View Item