Implementasi pembelajaran tematik terpadu di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Klompangan Jember.

Rohman, Ahmad Fadlu (2021) Implementasi pembelajaran tematik terpadu di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Klompangan Jember. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ahmad Fadlu Rohman_0849417004.pdf

Download (7MB)

Abstract

Ahmad Fadlu Rohman, 2021: Implementasi pembelajaran tematik terpadu di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Klompangan Jember. Tesis, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Pasca Sarjana Institut Agama Islam Negeri Jember, Pembimbing I: Dr. Dyah Nawangsari, M.Ag. Pembimbing II: Dr. H. Abdul Muhith, M.Pd.I Kata Kunci: Implementasi Pembelajaran, Tematik Terpadu Pembelajaran tematik terpadu adalah pembelajaran yang mengaitkan beberapa matapelajaran menjadi satu tema tertentu dengan proses pembelajaran bermakna sesuai perkembangan siswa. Melalui tematik guru berusaha menumbuhkan integritas pada diri siswa. Bila guru telah berhasil berarti dapat meningkatkan kualitas kehidupan, walaupun integritas bersifat individual perlu ada sentuhan secara rasional. Fokus Penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran Tematik Terpadu di MI Miftahul Huda Klompangan Jember?, 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Tematik Terpadu di MI Miftahul Huda Klompangan Jember?, dan 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran Tematik Terpadu di MI Miftahul Huda Klompangan Jember?; dengan tujuan Penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran Tematik Terpadu di MI Miftahul Huda Klompangan Jember, 2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Tematik Terpadu di MI Miftahul Huda Klompangan Jember, dan 3) Mendeskripsikan evaluasi pembelajaran Tematik Terpadu di MI Miftahul Huda Klompangan Jember. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Harold Koontz tentang scientific approachs, Bruner, Piaget dan Vigotsky mengenai characterizis assesmen autentics serta Darling Hammond tentang assessment autentic. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan Jenis penelitian studi kasus. Pemilihan Subjek penelitian adalah purposive. Teknik pengumpulan data yaitu: Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Teknik analisis menggunakan Analisis Interaktif model Miles dan Huberman meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi (sumber dan teknik) dan member chek. Kesimpulan penelitian ini adalah: 1) Perencanaan pembelajaran tematik terpadu disusun berdasarkan buku guru yang diadaptasi dengan situasi sekolah, penyusunan RPP hasil diklat, diskusi, bimbingan kepala madrasah,; 2) Pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu mengacu pada Rencana Pembalajaran, menggunakan media yang sesuai, menggunakan pembelajaran saintifik, mengalami langsung, integrasi dengan pesantren, dan menyenangkan. 3) Evaluasi pembelajaran tematik terpadu direncanakan dan dimusyawarahkan bersama, untuk memperoleh nilai proses dan hasil, menggunakan tes (tulis dan lisan) dan non tes (performen, proyek, dan portofolio), tes dilaksnakan pada saat pembelajaran, tengah semester, akhir semester dan akhir sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Diah Magang
Date Deposited: 26 Jan 2023 02:47
Last Modified: 26 Jan 2023 02:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18107

Actions (login required)

View Item View Item