Kepemimpinan Kyai Dalam Penyembuhan Penderita Sakit Jiwa Di Pondok Pesantren Nurul Huda Dusun Curah Waru Desa Gambirono Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember.

Rosadi, Ahmad Imron (2018) Kepemimpinan Kyai Dalam Penyembuhan Penderita Sakit Jiwa Di Pondok Pesantren Nurul Huda Dusun Curah Waru Desa Gambirono Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ahmad Imron Rosadi_084 123 039.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kepemimpinan kyai dalam penyembuhan penderita sakit jiwa adalah target penting dalam menunjang keberhasilan upaya penyembuhan penderita sakit jiwa. Hal ini diperlukan agar progam-progam penyembuhan dapat berjalan dengan lancar. Fokus penelitian dalam penelitian ini sebagai berikut :(1) Bagaimanakah Tipe-Tipe Kepemimpinan Kyai Dalam Penyembuhan Penderita Sakit Jiwa di Pondok Pesantren Nurul Huda Dusun Curah Waru Desa Gambirono Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember. (2) Bagaimanakah Usaha-Usaha Kyai Dalam Penyembuhan Penderita Sakit Jiwa di Pondok Pesantren Nurul Huda Dusun Curah Waru Desa Gambirono Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember. Tujuan penelitian ini adalah :(1) Mendeskripsikan Tipe-Tipe Kepemimpinan Kyai Dalam Penyembuhan Penderita Sakit Jiwa Di Pondok Pesantren Nurul Huda Dusun Curah Waru Desa Gambirono Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember. (2) Mendeskripsikan Usaha-Usaha Kyai Dalam Penyembuhan Penderita Sakit Jiwa Di Pondok Pesantren Nurul Huda Dusun Curah Waru Desa Gambirono Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian menggunakan purposive sampling dan metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles dan Huberaman yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan metode Hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa Kepemimpinan Kyai Dalam Penyembuhan Penderita Sakit Jiwa Di Pondok Pesantren Nurul Huda Dusun Curah Waru Desa Gambirono Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember adalah: (1) Tipe kepemimpinan Kyai dalam penyembuhan penderita sakit jiwa di pondok pesantren Nurul Huda yiatu kepemimpinan yang berorientasi pada kepemimpinan kharismatik dan demokratis, (2) Usaha-usaha kyai dalam penyembuhan penderita sakit jiwa di pondok pesantren nurul huda dusun curah waru desa gambirono adalah yaitu pemberian aktivitas-aktivitas atau kegiatan rutin kepada penderita sakit jiwa agar dengan kegiatan tersebut terekam dalam ingatan mereka dan dilakukannya sebuah pengajian pada tiap malam jumat serta diajarkan doa-doa yang dipimpin oleh pengasuh pondok pesantren. Dan pada malam jumat legi semua penderita sakit jiwa dilakukan rokat yang dipimpin oleh kyai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160799 Social Work not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 26 Jan 2023 02:47
Last Modified: 26 Jan 2023 02:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18109

Actions (login required)

View Item View Item