Havivah, Fajrin (2018) Peran Kepala Madrasah Sebagai Leader dalam Meningkatkan Kompetensi Guru di MAN 2 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Fajrin Havivah_084143070.pdf Download (6MB) |
Abstract
Kepala madrasah memainkan peran yang sangat penting dalam suatu madrasah. Setidaknya ada satu peran penting kepala madrasah yang perlu diperhatikan yaitu peran sebagai leader pendidikan, yang bertanggung jawab menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, mendayagunakan serta meningkatkan potensi anggotanya seoptimal mungkin. Dalam lingkungan seperti inilah para guru akan termotivasi untuk terus belajar, saling memotivasi, dan saling memberdayakan. Maka dengan suasana seperti ini akan memberi ruang kepada para guru untuk meningkatkan kompetensinya dalam madrasah tersebut. Fokus penelitian dalam skripsi ini, yaitu 1) Bagaimana peran kepala madrasah sebagai leader dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di MAN 2 Jember tahun pelajaran 2017/2018. 2) Bagaimana peran kepala madrasah sebagai leader dalam meningkatkan kompetensi profesional guru di MAN 2 Jember tahun pelajaran 2017/2018. 3) Bagaimana peran kepala madrasah sebagai leader meningkatkan kompetensi kepribadian guru di MAN 2 Jember tahun pelajaran 2017/2018. 4) Bagaimana peran kepala madrasah sebagai leader dalam meningkatkan kompetensi sosial guru di MAN 2 Jember tahun pelajaran 2017/2018 Tujuan dalam skripsi ini yaitu untuk 1) Mendeskripsikan peran kepala madrasah sebagai leader dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di MAN 2 Jember tahun pelajaran 2017/2018. 2) Mendeskripsikan peran kepala madrasah sebagai leader dalam meningkatkan kompetensi profesional guru di MAN 2 Jember tahun pelajaran 2017/2018. 3) Mendeskripsikan peran kepala madrasah sebagai leader dalam meningkatkan kompetensi kepribadian guru di MAN 2 Jember tahun pelajaran 2017/2018. 4) Mendeskripsikan peran kepala madrasah sebagai leader dalam meningkatkan kompetensi sosial guru di MAN 2 Jember tahun pelajaran 2017/2018. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitiannya adalah 1) Kepala madrasah sebagai leader dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru adalah mengikutsertakan guru dalam MGMP, diklat, seminar, rapat, dan supervisi. 2) Kepala madrasah sebagai leader dalam meningkatkan kompetensi profesional guru adalah mengikutsertakan guru dalam MGMP, diklat, dan supervisi. 3) Kepala madrasah sebagai leader dalam meningkatkan kompetensi kepribadian guru adalah motivasi, saran, outbond kecil, mendengungkan budaya kerja Kemenag, dan menjadi tauladan. 4) Kepala madrasah sebagai leader dalam meningkatkan kompetensi sosial guru adalah melaksanakan kegiatan hari besar Islam, memberikan kalimat toyyibah, memanage hati, dan mengakrabkan diri dengan warga madrasah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 02 PHYSICAL SCIENCES > 0202 Classical Physics > 020399 Classical Physics not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ms. Cindy Magang |
Date Deposited: | 26 Jan 2023 03:17 |
Last Modified: | 26 Jan 2023 03:17 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18117 |
Actions (login required)
View Item |