“Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Jawa (Krama) Menggunakan Strategi Tebak Kata Di Mima 32 Salafiyah Syafi’iyah Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2018/2019

Idatussofiyah, Af (2019) “Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Jawa (Krama) Menggunakan Strategi Tebak Kata Di Mima 32 Salafiyah Syafi’iyah Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Af Idatussofiyah_T20 154 067.pdf

Download (18MB)

Abstract

Fenomena yang terdapat di MIMA 32 Salafiyah Syafi’iyah ini terlihat jelas dalam sebuah proses pembelajaran, siswa lebih menggunakan bahasa Indonesia dibandingkan menggunakan bahasa Jawa Krama. Dengan keadaan seperti ini dan berlanjut terus-menerus cenderung siswa akan lebih menggunakan bahasa Indonesia dibandingkan bahasa Jawa Krama semua itu terpengaruh dari lingkungan di sekitar anak. Orang-orang yang di sekitar anak sangat jarang untuk mengajak berbicara menggunakan bahasa Jawa Krama, mereka lebih sering menggunakan bahasa Jawa kasar (Ngoko) dan menggunakan bahasa Indonesia untuk berkomunikasi dengan sang anak, mestinya ketika sang anak berkomunikasi atau mengobrol dengan orang yang lebih tua seharusnya menggunakan bahasa Jawa Krama. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus penelitian adalah: 1) Bagaimana perencanaan, pelaksanaan, konsep penilaian pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jawa Krama menggunakan strategi tebak kata di MIMA 32 Salafiyah Safiiyah Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2018/2019?, Penelitian ini bertujuannya untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, konsep penilaian pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jawa Krama menggunakan strategi tebak kata di MIMA 32 Salafiyah Safiiyah Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis kualitatif deskriptif. Subjek peneliti ini, peneliti menggunakan teknik purposiv. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi (pengamatan) interview (wawancara) dokumentasi. Data dianalisis menggunakan beberapa langkah sesuai teori Miles, Huberman. Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan teknik. Hasil dari penelitiannya adalah: 1) Guru selalu merencanakan kegiatan pembelajaran dengan menyiapkan RPP yang berpedoman kepada silabus yang sudah disiapkan oleh pihak lembaga, selalu menyiapkan strategi yang sesuai dengan materi yang akan diajarkan, dan menyiapkan sumber belajar 2) Strategi yang dipakai saat proses pembelajaran bahasa Jawa tebak kata, di mana guru menjelaskan materi terlebih dahulu secara menyeluruh, lalu guru memulai strategi yang di siapkan oleh guru. Strategi pembelajaran mempermudah guru dalam menyampaikan materi. 3) Evaluasi yang digunakan ada dua jenis yaitu evaluasi proses dan evaluasi hasil, evaluasi proses bagaimana sikap siswa selama proses pembelajaran bahasa Jawa berlangsung, evaluasi hasil dapat diketahui dengan pengetahuan sehingga siswa mampu menebak kosa kata yang di dalam permainan tebak kata pada waktu keterampilan berbicara bahasa Jawa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2099 Other Language, Communication and Culture > 209999 Language, Communication and Culture not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 26 Jan 2023 03:17
Last Modified: 26 Jan 2023 03:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18119

Actions (login required)

View Item View Item