ANALISIS BUSSINESS CONTINUITY MANAGEMENT DALAM MENJAGA STRATEGYC CONSISTENCY DAN SURVIVAL COMPETITIVE DI MASA PANDEMI COVID-19

Abidin, Agus Zainal (2021) ANALISIS BUSSINESS CONTINUITY MANAGEMENT DALAM MENJAGA STRATEGYC CONSISTENCY DAN SURVIVAL COMPETITIVE DI MASA PANDEMI COVID-19. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Agus Zainal Abidin_0839219020.pdf

Download (10MB)

Abstract

dan ekonomi, baik dalam skala kecil maupun dalam skala besar (Perusahaan), banyak dari pelaku usaha yang mulai kewalahan dalam menghadapi dan menanggulangi pandemi covid-19, terutama dalam sektor mewujudkan daya saing saat memasuki masa pandemi dan langkah dalam merecovery sebuah kejadian sosial dan ekonomi yang terjadi. Upaya mitigasi-pun terus dilakukan mulai dengan penerapan lock down, sosial distancing maupun penerapan protokol kesehatan yang ketat. Seharusnya dampak dari pandemi ini dapat diminimaisir dengan penerapan Bussiness Continuity Management (BCM) dalam upaya mitigasi covid-19. Dari konteks diatas peneliti merumuskan fokus penelitian: 1) Bagaimana BCM dalam menjaga konsistensi strategi dan menjaga kelangsungan kompetisi kedua perusahaan di masa pandemi covid-19? 2) Langkah apa yang dilakukan kedua perusahaan dalam memproteksi atau merecovery dampak dari covid-19 sehingga perusahaan tetap survive? 3) Bagaimana BCM dan konsistensi Strategi dapat dikomparasikan oleh perusahaan dalam menghadapi masa pandemi covid-19? Sementara tujuan penelitian yang ingin dicapai dalam penyusunan tesis ini adalah: 1) Menganalisis dan mendeskripsikan BCM di kedua perusahaan dalam menjaga konsistensi strategi dan kelangsungan bersaing sebagai bentuk mitigasi pandemi covid19. 2) Menganalisis dan mendeskripsikan masukan kepada stakeholder yang ada dalam menjaga eksistensi perusahaan dimasa pandemi covid-19. 3) Menganalisis, mendeskripsikan dan mengkomparasikan BCM dan konsistensi Strategi dapat dikomparasikan oleh perusahaan dalam menghadapi masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, peneliti ingin mengetahui langsung dari pelaku di tempat penelitian, yaitu menyajikan data, menganalisis dan menginterpretasikannya. Peneliti berupaya untuk menggambarkan dan menjelaskan tentang mitigasi prekonomian ditengah pandemi beserta pasca pandemi covid-19. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian studi multikasus yang berbasis lapangan (field research). Objek penelitian yang diteliti adalah PT. Istana Mobil Roda Mas Cabang Lumajang dan PT. Lejel Home Shopping Cabang Jember. Hasil yang diperoleh dari penelitian tersebut diantaranya: 1) a. BCM PT. Istana Mobil Roda Mas Cab. Lumajang memiliki dampak terhadap konsistensi strategi dan tidak berdampak pada survival competitive perusahaan. b. BCM PT. Lejel Home Shopping Cab. Jember tidak memiliki dampak terhadap konsistensi strategi dan berdampak pada survival competitive perusahaan. 2) a. Menerapkan protokol kesehatan, mendorng penghapusan pajak kendaraan mewah, mengurangi sanksi target dan melakukan strategi penjualan menggunakan media sosial. b. Menerapkan protokol kesehatan, merupakan sebagian karyawan dan memberikan discount 20-30%. 3) Database berbasis internet sistem (internet databased system), kemampuan untuk bergerak (competitive behavior), sistem mitigasi (mitigation system), skill sumber daya manusia (SDM), manajemen administrasi yang terpusat/ kuat (central of adminstration/corporate headquarter). Keyword: Covid-19, Bussiness Continuity Management, Strategyc Consistency Dan Survival Competitive

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150399 Business and Management not elsewhere classified
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 26 Jan 2023 04:14
Last Modified: 26 Jan 2023 04:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18122

Actions (login required)

View Item View Item