Konversi Agama Orang Tua Dan Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Pada anak (studi kasus di Dusun Kaliagung Desa Kendalrejo Kecamatan Tegaldlimo Banyuwangi).

Inayati, Fariha (2015) Konversi Agama Orang Tua Dan Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Pada anak (studi kasus di Dusun Kaliagung Desa Kendalrejo Kecamatan Tegaldlimo Banyuwangi). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Fariha Inayati_084111 269.pdf

Download (903kB)

Abstract

Keberagaman agama di dunia menghasilkan suatu fenomena unik, yaitu
konversi agama atau perpindahan kepemelukan agama dari agama satu ke agama
yang lainnya, misalnya pindah agama dari Kristen ke Hindu, Hindu ke Islam, dan
seterusnya. Fenomena konversi agama, seperti yang dialami para orang tua di
Dusun Kaliagung Desa Kendalrejo Kecamatan Tegaldlimo, karena orang tua yang
mengalami konversi agamadari agama Hindu memiliki pengalaman dan latar
belakang yang berbeda sebelum mereka memutuskan untuk memeluk Agama
Islam. Hal ini sangat berkaitan dengan masalah psikologis manusia disebabkan
pelaku tersebut mengalami perubahan drastis dalam kehidupannya. Begitu juga
dengan cara orang tua pelaku konversi agama dalam penanaman nilai-nilai
pendidikan Agama Islam pada anak. Karena pendidikan Agama Islam mempunyai
peran dan kedudukan yang sangat penting bagi kehidupan manusia beragama.
Berdasarkan fenomena tersebut, penulis meneliti bagaimana pelaku
konversi agama yang terjadi di Dusun Kaliagung dalam menanamkan nilai-nilai
pendidikan Agama Islam pada anak. Oleh karena itu, penulis membuat skripsi
dengan judul Konversi Agama Orang Tua Dan Penanaman Nilai-Nilai
Pendidikan Agama Islam Pada anakdi Dusun Kaliagung Desa Kendalrejo
Kecamatan Tegaldlimo Banyuwangi. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah
1) Faktor-faktorapa sajakah yang melatar belakangi terjadinya konversi agama? 2)
Bagaimana pelaku konversi agama dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan
Agama Islam pada anak?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode
pengumpulan datanya menggunakan observasi, interview dan dokumentasi.
Sedangkan teknik dalam memperoleh data menggunakan purposive sampling. Selanjutnya untuk analisis data, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif
kulitatif, yaitu data-data yang berupa tulisan maupun lisan dari informan yang
diteliti guna mengambarkan secara utuh tentang fenomena yang ada di lapangan.
Berdasarkan analisis yang peneliti temukan di lapangan mengenai konversi
agama orang tua dan penanaman nilai-nilai pendidikan Agama Islam pada anak
kesimpulannya adalah faktor yang melatarbelakangi orang tua mengalami
konversi agama di Dusun Kaliagung Desa Kendalrejo Kecamatan Tegaldlimo
Banyuwangi berasal faktor intern (dari dalam diri) dan faktor ekstern (dari
luar/lingkungan). Adapun nilai-nilai pendidikan Agama Islam yaitu: menanamkan
aqidah dan ibadah pada anak. Adapun nilai-nilai aqidah yaitu iman kepada Allah,
iman kepada malaikat, iman kepada kitab-kitab Allah, iman kepada utusan-utusan
Allah, iman kepada hari kiamat, dan iman kepada qada’ dan qadar. Sedangkan
nilai-nilai ibadah yaitu mengajarkan Al-Qur’an, sholat, zakat, puasa, dan haji.
Sedangkan cara orang tua pelaku konversi agama dalam menanamkan nilai-nilai
pendidikan Agama Islam yaitu dengan memberikan motivasi pada anak, memberi
teladan pada anak dan membentuk kebiasaan-kebiasaan pada anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220499 Religion and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Cindy Magang
Date Deposited: 26 Jan 2023 04:14
Last Modified: 26 Jan 2023 04:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18123

Actions (login required)

View Item View Item