Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember

Fawaid, Ahmad (2016) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ahmad Fawaid_083 112 070.pdf

Download (2MB)

Abstract

Usaha mikro kecil dan menengah berarti usaha produktif milik perorangan yang dikembangkan untuk menopang kebutuhan hidup dalam upaya mengentaskan kemiskinan. Dalam upaya mengentaskan kemiskinan para pemilik usaha mempunyai karakteristik yang dilakukan yaitu dengan perputaran usaha dan tetap berkembang walaupun situasi krisis dan moneter. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kesuksesan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) ?, 2) Seberapa besar pengaruh faktor-faktor tersebut terhadap kesuksesan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember ? Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kesuksesan usaha mikro kecil dan menengah. Serta untuk mendiskripsikan bahwa seberapa besar pengaruh faktor-faktor tersebut terhadap terhadap kesuksesan usaha mikro kecil dan menengah di Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuesioner yang dibagikan kepada para pemilik usaha mikro kecil dan menengah di Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember yang terdaftar di Dinas Koperasi dan UMK Kabupaten Jember yang berjumlah 60 responden, dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan kemudian dilakukan analisis terhadap data-data yang diperoleh dengan menggunakan metode analisis kuantitatif yang meliputi: Uji Validitas dan Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik, Analisis Regresi Linier Berganda, pengujian hipotesis melalui Uji t dan Uji F, serta analisis Koefisien Determinasi (r2 ). Data yang telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut: Y = 0,479 + 0,183 X1 + 0,434 X2 + 0,549 X3 Dimana variabel Kesuksesan usaha (Y), variabel faktor peluang (X1), variabel faktor sumber daya manusia (X2), dan variabel faktor keuangan (X3). Hasil estimasi Regresi Linier Berganda faktor peluang, faktor sumber daya manusia dan faktor keuangan berpengaruh positif dan signifikan. Pengujian hipotesi menggunakan Uji t menunjukkan bahwa ketiga variabel bebas tersebut secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesuksesan usaha mikro kecil dan menengah. Pengujian secara simultan faktor peluang, sumber daya manusia, dan keuangan secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kesuksesan usaha mikro kecil dan menengah. Terbukti dari hasil Fhitung> Ftabel(411,584 > 2,72) dan signifikansi< 0,05 (0,000 < 0,05). Pada hasil koefisien determinasi (r2 ) angka Adjuster R Square sebesar 0,954 menunjukkan bahwa 95,4% kesuksesan usaha mikro kecil dan menengah dapat dijelaskan oleh ketiga variabel bebas tersebut, sedangkan sisanya sebesar 4,6% dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 26 Jan 2023 04:14
Last Modified: 26 Jan 2023 04:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18125

Actions (login required)

View Item View Item