Pemberdayaan Kewirausahaan Santri Di Pondok Pesantren Nurul Ulum Desa Kemuningsari Lor Kecamatan Panti Kabupaten Jember

Rahman, Ainur (2018) Pemberdayaan Kewirausahaan Santri Di Pondok Pesantren Nurul Ulum Desa Kemuningsari Lor Kecamatan Panti Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ainur Rahman_ 084 143 117.pdf

Download (19MB)

Abstract

Pesantren merupakan wadah atau lembaga pendidikan Islam untuk menumbuh-kembangkan sikap keimanan seseorang yang ingin mencetak manusia menjadi manusia yang rahmatanlil alamin baik dalam bentuk ibadah, tata krama, dan kedisiplinan. Kehadiran pesantren di tengah-tengah masyarakat pada awalnya tidak hanya sebagai lembaga pendidikan saja, tetapi juga sebagai lembaga penyiar agama dakwah. Pesantren memiliki banyak kelebihan dan keunikan dibandingkan dengan lembaga pendidikan formal. Pesantren merupakan satu-satunya lembaga pendidikan di Indonesia, pemahaman manusia dalam urusan agama. Pesantren bukan hanya belajar tentang ilmu agama saja sekarang bisa belajar berwirausaha di pesantren dan langsung bisa praktek. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana strategi pemberdayaan kewirausahaan santri di Pondok Pesantren Nurul Ulum desa Kemuningsari Lor Kecamatan Panti Kabupaten Jember ? (2) Apa saja jenisjenis pemberdayaan kewirausahaan santri di Pondok Pesantren Nurul Ulum desa Kemuningsari Lor Kecamatan Panti Kabupaten Jember ? Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mendeskripsikan strategi Pondok Pesantren Nurul Ulum desa Kemuningsari Lor Kecamatan Panti Kabupaten Jember Dalam Pemberdayaan Kewirausahaan Santri. (2) Untuk mendeskripsikan apa saja jenis – jenis pemberdayaan kewirausahaan santri di Pondok Pesantren Nurul Ulum desa Kemuningsari Lor Kecamatan Panti Kabupaten Jember. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Jenis penelitian ini yaitu field research. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan kualitatif deskriptif. keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Strategi Kewirausahaan di Pondok Pesantren di bangun di atas pondasi ilmu dan akhlak. Ilmu yang diajarkan oleh Pondok Pesantren meliputi materi Ma’rifatullah, Kewirausahaan, dan kepemimpinan yang di harapkan mampu membangun kebersamaan dan kepercayaan diri para santri dalam mengembangkan potensi yang telah di anugerahkan Allah kepadanya. Sedangkan akhlak diharapkan mampu merubah karakteristik negatif menjadi positif, sehingga dalam mengembangkan potensinya para santri memberikan kesejahteraan bagi dirinya dan ketentraman bagi lingkungan sekitarnya dengan adanya kewirausahaan ini diharapkan akan lahir insan mandiri dalam usaha pengembangan ekonomi masyarakat, pesantren juga memfasilitasi santri dalam wirausaha. 2) Jenis-jenis kegiatan pemberdayaan kewirausahaan yang dilakukan dan dikembangkan oleh pesantren disesuaikan dengan kondisi lingkungan, sarana prasarana, dan kemampuan yang dimiliki pesantren. Jenis-jenis usaha yang dihasilkan oleh temen-temen pondok, Pertama, yaitu Pengelohan sampah meliputi, lampu lampion, vigura dan lain-lain. Kedua Tatabusana (menjahit) meliputi; baju, kerudung, jas dan celana.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms. Cindy Magang
Date Deposited: 27 Jan 2023 02:03
Last Modified: 27 Jan 2023 02:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18134

Actions (login required)

View Item View Item