ANALISIS MINAT MEMBACA PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 4 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Sayufi, Alif Ibdah (2019) ANALISIS MINAT MEMBACA PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 4 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Alif Indah Sayufi_T20154101.pdf

Download (1MB)

Abstract

Membaca merupakan salah satu hal yang tidak dapat dipisahkan dari pembelajaran. Usaha pemerintah dengan adanya literasi membaca merupakan cara agar seluruh anak di Indonesia bisa membaca sejak dini. Minat membaca siswa bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti sarana dan prasarana, bahan bacaan yang bervariasi, dan kemampuan membaca siswa. Banyaknya siswa yang tidak bisa membaca menjadikan tugas besar bagi guru SD/MI agar bisa mengajari peserta didik bisa membaca. Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Jember (MIN4 Jember) merupakan salah satu sekolah islam negeri yang memiliki sarana dan prasarana (perpustakaan) yang memadai dan di setiap kelas memiliki pojok baca namun dalam ralitanya tidak dimaksimalkan dengan baik, dan juga buku bacaan didalamnya masih sedikit dan kurang bervariasi. Hal inilah yang menyebabkan sebagian besar minat membaca di MIN 4 Jember dikelas atas khususnya di kelas V dan VI masih ada siswa yang belum bisa membaca, hal inilah yang menjadikan peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang Analisis Minat Membaca peserta didik di MIN 4 Jember. Fokus penelitian yang diteliti dalam penelitian ini, yaitu: 1) Bagaimana minat membaca peserta didik di Madrasah Ibtidaiah Negeri 4 Jember? 2) Faktor-faktor Apa saja yang mempengaruhi minat membaca peserta didik di Madrasah Ibtidaiah Negeri 4 Jember? 3) Bagaimana upaya-upaya sekolah dalam menumbuhkan minat membaca peserta didik di Madrasah Ibtidaiah Negeri 4 Jember? Untuk menjawab fokus penelitian di atas, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Pemilihan subyek penelitian menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik obeservasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan model Miles, Huberman dan Saldana yang meliputi condensation data, data display, dan conclusion drawing/verification. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Minat membaca peserta didik di MIN 4 Jember yaitu. a) Minat membaca Peserta didik masih dalam kategori cukup, ada 50 % peserta didik dari 124 peserta didik masih memilih-milih bacaan yang mereka sukai dan mereka baca (novel, cerpen bergambar, majalah, koran, komik dan buku ilmu pengetahuan) hal ini juga diperkuat dari lima peserta didik (4 % dari 124 peserta didik) masih belum bisa membaca. b) Buku-buku bacaan yang kurang bervariasi jumlahnya yang ada diperpustakaan dan pojok baca sehingga antusias minat membacanya berkurang. c) buku yang disukai dan sering di baca (novel 25%, cerpen bergambar 25%, majalah 10%, koran 5%, komik 20% dan buku ilmu pengetahuan 15%). d) pemberian waktu khusus sebelum pelajaran dimulai belum ada sehingga keterlibatan peserta didik dalam membaca berkurang. 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi minat membaca peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Jember. a) faktor intrinsik peserta didik yaitu kesadaran membaca peserta didik terhadap buku bacaan yang bervariasi masih kurang sehingga minat membaca teradap buku-buku lain sepert (novel, cerpen bergambar, majalah, koran, komik dan buku ilmu pengetahuan) masih kurang, b) faktor ekstrinsik yaitu dipengaruhi oleh faktor perpustakaan dan pojok baca kurang maksimal, kurangnya variasi bahan bacaan, lingkungan keluarga yang kuang mendukung. 3) Upaya- upaya untuk menumbuhkan minat membaca peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Jember yaitu, a) adanya program pembiasaan membaca didalam kelas selama 15 menit, b) kegiatan pojok baca, dan sudut literasi, d) mengadakan kegiatan perpustakaan keliling, e) program les membaca bagi yang belum bisa membaca, f) memberikan kata-kata motivasi dalam bentuk slogan menarik disetiap sudut gedung Madrasah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 27 Jan 2023 02:02
Last Modified: 27 Jan 2023 02:02
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18138

Actions (login required)

View Item View Item