Pembelajaran Media Kotak Alfabet dalam Mengembangkan Kemampuan Mengenal Huruf di Kelompok Bermain Nurul Huda Badean Bangsalsari Jember Tahun Pelajaran 2019/2020

Jamilah, Jamilah (2020) Pembelajaran Media Kotak Alfabet dalam Mengembangkan Kemampuan Mengenal Huruf di Kelompok Bermain Nurul Huda Badean Bangsalsari Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Jember.

[img] Text
Jamilah_T20165047.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kemampuan membaca dalam mengenal huruf perlu ditunjang dengan adanya media yang menarik, karena media pembelajaran merupakan salah satu upaya yang diharapkan efektif dalam menanggulangi kelemahan persoalan pembelajaran yang masih bersifat konvensional. Salah satu media yang efektif untuk anak dalam mengenal huruf yaitu media kotak alfabet. Media kotak alfabet dapat menumbuhkan gairah atau semangat belajar ketika membentuk kata-kata dan belajar membaca, di Kelompok Bermain Nurul Huda terdapat beberapa anak yang kemampuan mengenal hurufnya masih belum sesuai dengan tingkat pencapaian perkembangan anak. Dengan terlihatnya anak dalam membedakan huruf seperti D dan B, M dengan W, P dan Q yang hampir mirip hurufnya. Fokus penelitian ini: 1) Bagaimana Perencanaan Pembelajaran Media Kotak Alfabet dalam Mengembangkan Kemampuan Mengenal Huruf di Kelompok Bermain Nurul Huda Badean Bangsalsari Jember Tahun Pelajaran 2019/2020?, 2) Bagaimana Pelaksanaan Pembelajaran Media Kotak Alfabet dalam Mengembangkan Kemampuan Mengenal Huruf di Kelompok Bermain Nurul Huda Badean Bangsalsari Jember Tahun Pelajaran 2019/2020?, 3) Bagaimana Evaluasi Pembelajaran Media Kotak Alfabet dalam Mengembangkan Kemampuan Mengenal Huruf di Kelompok Bermain Nurul Huda Badean Bangsalsari Jember Tahun Pelajaran 2019/2020? Tujuan dalam penelitian ini: 1) Mendeskripsikan Perencanaan Pembelajaran Media Kotak Alfabet dalam Mengembangkan Kemampuan Mengenal Huruf di Kelompok Bermain Nurul Huda Badean Bangsalsari Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. 2) Mendeskripsikan Pelaksanaan Pembelajaran Media Kotak Alfabet dalam Mengembangkan Kemampuan Mengenal Huruf di Kelompok Bermain Nurul Huda Badean Bangsalsari Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. 3) Mendeskripsikan Evaluasi Pembelajaran Media Kotak Alfabet dalam Mengembangkan Kemampuan Mengenal Huruf di Kelompok Bermain Nurul Huda Badean Bangsalsari Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian Studi kasus dan field research. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive dan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi: Pengumpulan data, Kondensasi data, Penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah 1) Perencanaan Pembelajaran di Kelompok Bermain Nurul Huda tertuang di RPPH melalui tahap Pemetaan Kompetensi Dasar ke dalam muatan materi, menentukan tujuan, media, metode dan pada akhirnya penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian. 2) Pelaksanaan pembelajaran di Kelompok BermainNurul Huda tahap viii digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id pelaksanaannya: a) Guru menjelaskan pada anak nama dan cara memainkan media kotak alfabet. b) Guru mengenalkan huruf a satu persatu sehingga anak mengenali huruf-huruf tersebut dengan baik. c) Guru membimbing anak untuk membentuk kata dengan jalan menjajarkan huruf-huruf yang dikehendakinya. d) Jika anak sudah mahir membentuk kata maka selanjutnya dapat diarahkan untuk membentuk kalimat. 3) Evaluasi pembelajaran di Kelompok Bermain Nurul Huda guru melakukan catatan penilaian harian, dan saat kegiatan penutup guru melakukan recalling dengan cara memberikan siswa potongan karton yang bertuliskan huruf secara acak kemudian guru meminta siswa menyebutkan huruf yang ditunjukkan oleh guru secara benar dan hal tersebut selalu dilakukan setelah kegiatan pembelajaran berlangsung untuk mengetahui tingkat keberhasilan pembelajaran dan pemahaman siswa tentang mengenal huruf

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ms Maulida Agustiningsih
Date Deposited: 14 Apr 2021 02:19
Last Modified: 14 Apr 2021 02:19
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/1814

Actions (login required)

View Item View Item