PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA MELALUI EKSTRAKURIKULER TAMAN BELAJAR AL QURAN (TBA) DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 BONDOWOSO

Arifin, Ahmad Nurul (2021) PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA MELALUI EKSTRAKURIKULER TAMAN BELAJAR AL QURAN (TBA) DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 BONDOWOSO. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ahmad Nurul Arifin_T20151326.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Ekstrakurikuler, Taman Belajar Al-Qur’an Indonesia merupakan salah satu negara yang secara peradaban telah terpengaruh oleh dampak negatif arus globalisasi dunia. Dampak yang sangat cepat dirasakan adalah perubahan lifestyle, paradigma, budaya, adat bahkan norma di masyarakat serta karakter bangsa. Sehingga hal tersebut bisa menyebabkan perubahan karakter yang semakin mengarah pada dekadensi moral serta hilangnya kreativitas dan produktivitas bangsa. Dengan adanya degradsasi moral maka sangat perlu diberikan nilai-nilai karakter. Secara khusus di lingkungan SMAN 1 Bondowoso, lembaga umum yang terdapat kegiatan di luar pembelajaran yang berbasis keagamaan, yakni ekstrakurikuler Taman Belajar Al Quran yang mampu memberikan nilai plus bagi siswa yang mengikutinya. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana penanaman karakter religius pada ekstrakurikuler Taman Belajar Al-Qur’ an di SMAN 1 Bondowoso, (2) Bagaimana penanaman karakter jujur pada ekstrakurikuler Taman Belajar AlQur’ an di SMAN 1 Bondowoso, dan (3) bagaimana penanaman karakter disiplin pada ekstrakurikuler Taman Belajar Al-Qur’ an di SMAN 1 Bondowoso. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan penanaman karakter religius pada ekstrakurikuler Taman Belajar Al-Qur’ an di SMAN 1 Bondowoso, (2) mendeskripsikan penanaman karakter jujur pada ekstrakurikuler Taman Belajar Al-Qur’ an di SMAN 1 Bondowoso, dan (3) mendeskripsikan penanaman karakter disiplin pada ekstrakurikuler Taman Belajar Al-Qur’ an di SMAN 1 Bondowoso. Pendekatan penilitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian field research. Penentuan subyek penelitian menggunakan purposive sampling dan pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Sementara analisis data menggunakan model Miles dan Huberman berupa kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi data. Adapun hasil dari penelitian ini adalah (1) Penanaman karakter religius dilakukan melalui kegiatan sholat dhuha berjamaah dan tadarus Al-Quran, (2) Penanaman karakter jujur dilakukan melalui penciptaan kepercayaan melalui kantin kejujuran dan teladan dari guru, dan (3) Penanaman karakter disiplin dilakukan melalui praktik manajemen waktu bagi siswa Taman Belajar AlQur’ an.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 27 Jan 2023 02:02
Last Modified: 27 Jan 2023 02:02
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18140

Actions (login required)

View Item View Item