Analisis Surat Pengangkatan Bagi Pekerja Tetap Diperusahaan Daerah Perkebunan (PDP) Kahyangan Jember Kebun Gunung Pasang (Perspektif UndangUndang No. 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan Dan Hukum Islam)

Valentine, Bella Eria (2018) Analisis Surat Pengangkatan Bagi Pekerja Tetap Diperusahaan Daerah Perkebunan (PDP) Kahyangan Jember Kebun Gunung Pasang (Perspektif UndangUndang No. 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan Dan Hukum Islam). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Bella Eria Valentine_083 142 052.pdf

Download (8MB)

Abstract

Pada dasarnya setiap manusia membutuhkan kesejahteraan di dalam hidupnya. Kesejahteraan tersebut dapat terwujud dengan cara terpenuhinya kebutuhan dan keinginan yang sangat beragam. Untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan tersebut adalah dengan cara bekerja. Ada Pekerjaan yang dapat dilakukan oleh diri sendiri dan ada pula yang memerlukan bantuan oranglain. Seseorang yang bekerja dengan membantu orang lain dan terbentuk dalam suatu perjanjian. Pengusaha harus membuat kontrak kerja/perjanjian kerja. Dalam Undang-undang nomer 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan menjelaskan tentang hak dan kewajiban seorang tenaga pekerja dalam melaksanakan pekerjaannya, Perjanjian kerja dapat dibuat secara tertulis atau lisan. Perjanjian kerja dibuat untuk waktu tertentu atau waktu tidak tertentu. Bila perjanjian kerja dibuat secara lisan, maka pengusaha wajib membuat surat pengangkatan bagi pekerja/buruh yang bersangkutan sesuai dengan pasal 63 Undang-undang Ketenagakerjaan. di Perkebunan milik Daerah PDP Kahyangan Jember Kebun Gunung Pasang dalam perjanjian kerjanya tidak menggunakan perjanjian kerja tertulis melainkan dengan lisan , baik untuk pekerja tetap atau pekerja waktu tidak tertentu dan pekerja waktu tertentu. Dan di dalam Al-qur’an surat Al-Baqarah ayat 282 disebutkan yang artinya “Wahai Orang-orang beriman, Apabila kamu bermuamalah tidak secaratunai untuk waktu yang ditentukan hendaklah kamu menuliskannya” jadi dalam Islam dianjurkan jika kita melakukan perjanjian kerja haruslah secara tertulis. Fokus penelitian : 1. Bagaimana mekanisme perjanjian kerja di PDP Kahyangan Jember Kebun Gunung Pasang?; 2. Bagaimana penerapan surat pengangkatan pekerja di Perusahaan PDP Kahyangan Jember Kebun Gunung Pasang menurut Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2013 tentang Ketenagakerjaan?; 3. Bagaimana penerapan Surat Pengangkatan pekerja di PDP Kahyangan Jember Kebun Gunung Pasang menurut Hukum Islam? Metode penelitian yang dipakai adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data yang terkumpul akan dianalisis dengan memanfaatkan teknik pengumpulan data yang bermacam-macam (triangulasi). Kesimpulan dari penelitian ini adalah : 1) Bahwa mekanisme perjanjian kerja hanya menggunakan perjanjian kerja secara lisan yang cukup menjelaskan mengenai tugas-tugas atau pekerjaan apa saja yang akan dilakukan.; 2) Penerapkan Surat Pengangkatan kerja menurut UU ketenagakerjaa kurang sesuai karena pada surat pengangkatannya tidak menyertakan besarnya upah yang harus diterima oleh para pekerja.; 3) Penerapan Surat Pengangkatan pekerja menurut hukum islam termasuk kedalam siqhat dengan tulisan. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT dalam Qs. Al-Baqarah ayat 282.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0802 Computation Theory and Mathematics > 080299 Computation Theory and Mathematics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Ms. Cindy Magang
Date Deposited: 27 Jan 2023 02:02
Last Modified: 27 Jan 2023 02:02
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18143

Actions (login required)

View Item View Item