INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KITAB TA‘LĪM AL-MUTA‘ALLIM UNTUK MENINGKATKAN AKHLAQ SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-FURQON PEJAGAN JAMBESARI DARUSSHOLAH BONDOWOSO

Sanusi, Ahmad (2021) INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KITAB TA‘LĪM AL-MUTA‘ALLIM UNTUK MENINGKATKAN AKHLAQ SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-FURQON PEJAGAN JAMBESARI DARUSSHOLAH BONDOWOSO. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ahmad Sanusi _0849319053.pdf

Download (9MB)

Abstract

Kata Kunci : Internalisasi, Ta‘līm al-Muta‘allim, Pendidikan Karakter, Akhlaq Pembentukan kepribadian dimulai dari penanaman nilai pada diri anak. Dengan demikian, pembentukan kepribadian keagamaan perlu dimulai dari penanaman nilai yang bersumber dari ajaran agama. Sistem nilai sebagai realitas yang abstrak yang dirasakan dalam diri sebagai pendorong atau prinsip-prinsip yang menjadi pedoman hidup. Dalam realitasnya, nilai-nilai tersebut dapat terlihat dalam pola bertingkah laku, pola fikir, dan sikap seorang secara pribadi atau kelompok. Fokus kajian dalam Penelitian ini adalah (1) Bagaimana Internalisasi Nilai Ikhlas di Pondok Pesantren Al Furqon, Pejagan Jambesari Darussholah Bondowoso. (2) Bagaimana Internalisasi Nilai Tawaddu’ di Pondok Pesantren Al Furqon, Pejagan Jambesari Darussholah Bondowoso. (3) Bagaimana Internalisasi Nilai Disiplin di Pondok Pesantren Al Furqon, Pejagan Jambesari Darussholah Bondowoso. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mendeskripsikan Internalisasi nilai ikhlas di Pondok Pesantren Al Furqon, Pejagan Jambesari Darussholah Bondowoso. (2) Mendeskripsikan Internalisasi nilai Tawaddu’ di Pondok Pesantren Al Furqon, Pejagan Jambesari Darussholah Bondowoso. (3) Mendeskripsikan Internalisasi nilai kedisiplinan di Pondok Pesantren Al Furqon, Pejagan Jambesari Darussholah Bondowoso Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis fenomenologi. Model analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model interkatif Milles, Huberman dan Saldana J 2014. Dengan langkah-langkah kondensasi data display data dan verivikasi data. Teknik analisis data dengan menggunakan deskriptif kualitatif. Sedangkan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil Penelitian di Pondok Pesantren Al-Furqon Pejagan Jambesari Darussholah Bondowoso yaitu (1) Internalisasi Nilai Ikhlas yaitu dengan proses belajar mengajar kitab Ta’līm al-Muta‘llim disertai dengan pemberian nasehat, pembiasaan dan keteladanan, baik para guru, pengurus pondok dan juga para pemangku pesantren. (2) Internalisasi Nilai Tawadlu’ yaitu dengan proses belajar mengajar kitab Ta’līm al-Muta‘llim disertai dengan pemberian nasehat, pembiasaan dan keteladanan, baik para guru, pengurus pondok dan juga para pemangku pesantren. (3) Internalisasi Nilai Disiplin di Pondok Pesantren Al Furqon, Pejagan Jambesari Darussholah Bondowoso yaitu dengan proses belajar mengajar kitab Ta’līm al-Muta‘llim dengan pemberian nasehat, pembiasaan dan keteladanan, pengawasan dan pemberian sanksi (punishment).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130311 Pacific Peoples Education
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 27 Jan 2023 02:02
Last Modified: 27 Jan 2023 02:02
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18146

Actions (login required)

View Item View Item