Pembiasaan Memakai Jilbab dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017.

Turia, Alvina (2016) Pembiasaan Memakai Jilbab dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Alvina Turia_084 121 413.pdf

Download (6MB)

Abstract

Alvina Turia, 2016: Pembiasaan Memakai Jilbab dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Pembiasaan memakai jilbab dalam mata pelajaran adalah suatu usaha melakukan kegiatan secara berulang-ulang dan terus-menerus untuk memakai jilbab pada mata pelajaran tertentu. Jilbab adalah pakaian yang lapang dan dapat menutup aurat wanita, kecuali muka/wajah dan telapak tangan. Fokus masalah dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana latar belakang munculnya pembiasaan memakai jilbab dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Jember tahun pelajaran 2016/2017? 2) Bagaimana pengetahuan siswa perempuan tentang jilbab di Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Jember tahun pelajaran 2016/2017? 3) Apa efek dari pembiasaan memakai jilbab dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap siswa perempuan di Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Jember tahun pelajaran 2016/2017? Tujuan penelitian ini sebagai berikut: 1) Mendeskripsikan latar belakang munculnya pembiasaan memakai jilbab dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Jember tahun pelajaran 2016/2017. 2) Mendeskripsikan pengetahuan siswa perempuan tentang jilbab di Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Jember tahun pelajaran 2016/2017? 3) Mendeskripsikan efek dari pembiasaan memakai jilbab dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap siswa perempuan di Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Jember tahun pelajaran 2016/2017. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini memperoleh hasil sebagai berikut: 1) Latar belakang munculnya pembiasaan memakai jilbab dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam adalah guru ingin menumbuhkan kesadaran peserta didik untuk menutup aurat, menegakkan syari’at Islam dan membentuk sikap serta perilaku yang relatif menetap dan bersifat otomatis. 2) Pengetahuan siswa perempuan tentang jilbab adalah kain yang digunakan untuk menutup aurat, kecuali wajah dan kedua telapak tangan, dari segi bentuk jilbab tidak ditentukan, apapun bentuknya yang penting menutup aurat itu sudah dinamakan jilbab. 3) Efek dari pembiasaan memakai jilbab dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap siswa perempuan mengalami dampak positif. Pertama kepada Allah yaitu siswa perempuan melakukan akhlak terpuji yang dibuktikan dengan shalat duha ketika ada jam kosong atau ketika jam istirahat pertama, shalat Dzuhur berjama’ah, shalat Ashar berjama’ah dilakukan ketika siswa mengikuti ektrakurikuler atau ada jam tambahan, amal jariyah pada hari Jum’at, berdo’a dilakukan sebelum dan sesudah mata pelajaran berlangsung, berdo’a selesai mengerjakan shalat fardhu dan shalat sunnah, tadarus Al-Qur’an sebelum pelajaran PAI dan ektrakurikuler Baca Tartil Al-Qur’an (BTA), ikut kegiatan shalat jum’at (bagi siswa perempuan digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id x yang haidh mendengarkan khutbah jum’at dan merangkum). Kedua kepada sesama manusia yaitu menghormati orang yang lebih tua, menyayangi yang lebih muda, membantu sesama ketika ada yang membutuhkan bantuan, mendo’akan agar selalu dalam lindungan Allah, tidak membeda-bedakan ketika berteman, suka berbagi, memaafkan kesalahan orang lain, meminta maaf jika salah, mentaati peraturan, berperilaku sopan dan santun. Ketiga kepada lingkungan yaitu menyiram tanaman, membersihkan daun-daun yang jatuh, membuang sampah pada tempatnya, menyapu halaman, menyapu ruang kelas, merapikan ruangan, merawat dan menjaganya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diah Magang
Date Deposited: 27 Jan 2023 02:02
Last Modified: 27 Jan 2023 02:02
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18147

Actions (login required)

View Item View Item