MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM BERBASIS PESANTREN DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) MIFTAHUL ULUM SUREN KECAMATAN LEDOKOMBO KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Lutfiah, Aida (2019) MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM BERBASIS PESANTREN DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) MIFTAHUL ULUM SUREN KECAMATAN LEDOKOMBO KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Aida Lutfiah_0849115010.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kata kunci : Kurikulum, Pesantren Sampai saat ini eksistensi pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam pertama kali di Indonesia masih menunjukkan eksistensinya di era laju modernitas. Begitu pula dengan madrasah yang merupakan metamorfosis dari pesantren juga semakin meningkat secara kuantitas. Hal ini menunjukkan bahwa kemajuan jaman dan teknologi informasi menjadi sebuah tantangan bagi kedua lembaga pendidikan Islam tersebut untuk terus berperan dalam meningkatkan kualitas generasi bangsa. Demikian juga pada MTs Miftahul Ulum Suren yang tetap memegang teguh pada nilai-nilai kepesantrenan. Madrasah yang berada dalam satu lingkungan pesantren tersebut berupaya menyelenggarakan sistem pembelajaran dengan kurikulum berbasis pesantren. Kelompok mata pelajaran agama Islam yang dipelajari di madrasah tidak menggunakan buku paket dari kementerian agama (KEMENAG). Akan tetapi menggunakan dan merujuk pada kitab-kitab kepesantrenan. Penelitian ini membahas tentang kurikulum berbasis pesantren di MTs Miftahul Ulum Suren bertujuan untuk mendeskripsikan secara empiris bagianbagian yang telah dirumuskan dalam fokus penelitian, yaitu: 1). Bagaimana perencanaan kurikulum berbasis pesantren di MTs Miftahul Ulum Suren Ledokombo? 2) Bagaimana pelaksanaan kurikulum berbasis pesantren di MTs Miftahul Ulum Suren Ledokombo? 3) Bagaimana evaluasi kurikulum berbasis pesantren di MTs Miftahul ulum Suren Ledokombo? Penelitian ini menggunakan Pendekatan Kualitatif diskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun langkah-langkah analisis data yang digunakan yaitu, pengumpulan data, condensation data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data peneliti menggunakan trianggulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan kurikulum berbasis pesantren dilakukan dengan melibatkan beberapa pihak baik dari madrasah maupun dari pesantren yakni biro pendidikan dan biro kepesantrenan. Pada tahap perencanaan ini, kedua biro tersebut merancang kitab-kitab yang akan di jadikan rujukan maupun yang dipelajari di Madrasah. Pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan dua strategi yakni tradisional seperti bandongan dan strategi pembelajaran aktif apabila dibutuhkan. Evaluasi kurikulum berbasis pesantren dilakukan dengan memprioritaskan sikap kedisiplinan dan akhlak siswa baik di madrasah maupun dipesantren.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services > 159999 Commerce, Management, Tourism and Services not elsewhere classified
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 27 Jan 2023 02:02
Last Modified: 27 Jan 2023 02:02
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18148

Actions (login required)

View Item View Item