Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi Anak Tunagrahita di SMPLB Negeri Patrang Jember Tahun Ajaran 2019/2020

Anggraeni, Ayu Puspa (2020) Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi Anak Tunagrahita di SMPLB Negeri Patrang Jember Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Jember.

[img] Text
Ayu Puspa Anggraeni_T20161068.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan bagi anak berkelainan atau luar biasa merupakan bagian ilmu Pendidikan Luar Biasa (PLB) atau sering disebut dengan ortopedagogik. Pendidikan luar biasa bukan merupakan pendidikan secara keseluruhan berbeda dari pendidikan pada umumnya. Jika kadang-kadang diperlukan pelayanan yang terpaksa memisahkan anak luar biasa dari anak lain pada umumnya, hendaknya dipandang untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi pencapaian tujuan belajar yang terprogram, terkontrol, dan terukur atau yang secara ringkas disebut tujuan intruksional khusus (intructional objectives). Pembelajaran terhadap anak-anak berkebutuhan khusus merupakan suatu kegiatan pembelajaran dimana para pendidik dituntut untuk memiliki keahlian khusus serta cermat mengamati bakat dan minat mereka bukan bertumpu kepada prestasi akademik terstruktur sebagaimana anak-anak normal. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : (1) Bagaimana metode pembelajaran pendidikan agama Islam bagi Anak Tunagrahita di SMPLB Negeri Patrang Jember Tahun Ajaran 2019/2020 ? (2) Bagaimana media pembelajaran pendidikan agama Islam bagi Anak Tunagrahita di SMPLB Negeri Patrang Jember Tahun Ajaran 2019/2020 ? Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan metode pembelajaran pendidikan agama Islam bagi Anak Tunagrahita di SMPLB Negeri Patrang Jember Tahun Ajaran 2019/2020, (2) mendeskripsikan media pembelajaran pendidikan agama Islam bagi Anak Tunagrahita di SMPLB Negeri Patrang Jember Tahun Ajaran 2019/2020. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik penentuan informan dilakukan secara purposive. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan deskriptif kualitatif model Milles dan Huberman. Keabsahan data menggunakan trianggulasi teknik dan trianggulasi sumber. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Metode pembelajaran pendidikan agama Islam pada siswa tunagrahita sama saja dengan metode pembelajaran pada umumnya, hanya saja metode yang diajarkan harus disesuaikan dengan kondisi siswa. Adapun metode pembelajaran yang diterapkan di SLB Negeri Jember yaitu metode ceramah, metode tanya jawab, metode praktik, metode kerja sama, metode tadrij (pentahapan), dan metode demonstrasi. Metode ceramah ini tetap diterapkan tetapi tidak menuntuk siswa dapat mengerti tetapi setidaknya guru dapat menyampaikan materi yang sudah ditentukan. Karena anak tunagrahita beda dengan anak normal seperti biasanya. Metode tanya jawab ini guru sedikit menjelaskan kepada siswa tentang materi salam. Apabila siswa ada yang belum faham maka guru berusaha membimbing agar bisa mengucapkan salam dengan benar. Metode praktik ini guru mengajarkan materi seperti di kehidupan sehari- hari. Contoh praktek berwudhu dan praktek sholat. Metode tadrij (pentahapan) ini guru mengajarkan kepada siswa secara berulang-ulang. Karena anak tunagrahta ringan, sedang maupun berat. Perlu diajakan secara berulang-ulang. Terakhir metode demonstrasi ini siswa dapat mempraktekkan langsung apa yang diajarkan gurunya. Yiatu meteri tentang bagaimana tata cara berwudhu dengan benar. 2) Di SLB Negeri Jember dalam pembelajaran pendidikan agama Islam menggunakan beberapa media pembelajaran. Media yang digunakan di sesuaikan dengan kebutuhan siswa yang memiliki kecerdasan dibawah rata-rata. Adapun media pembelajaran di SLB Negeri Jember yang diterapkan adalah media visual, gambar atau foto, dan poster. Media visual yang digunakan yaitu gambar praktek sholat dan praktek berwudhu. Untuk gambar atau foto yang digunakan adalah huruf hijaiyah. Terakhir poster yang digunakan adalah pengucapan salam dalam sehari- hari

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Maulida Agustiningsih
Date Deposited: 14 Apr 2021 02:26
Last Modified: 14 Apr 2021 02:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/1815

Actions (login required)

View Item View Item