Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Mata Pelajaran IPS di MTs. Negeri 1 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020

Lestari, Ayu Gita (2020) Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Mata Pelajaran IPS di MTs. Negeri 1 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Jember.

[img] Text
Ayu Gita Lestari_T20169001.pdf

Download (5MB)

Abstract

Mata pelajaran IPS masih saja sering menjadi pelajaran yang membosankan oleh siswa. Hal ini dikarenakan siswa merasa tidak senang dan bosan dengan pembelajaran yang dilakukan sehingga nilai peserta didik masih rendah. Dengan mengimplementasikan model pembelajaran berbasis proyek yang diterapkan di kelas IXF MTs. Negeri 1 Jember dapat membuat peserta didik lebih mudah memahami materi sehingga nilai peserta didik lebih baik, serta memberi rasa semangat dan antusias kepada peserta didik untuk mengikuti pelajaran IPS di kelas. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana perencanaan model pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran IPS di MTs. Negeri 1 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020? 2) Bagaimana pelaksanaan model pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran IPS di MTs. Negeri 1 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020? 3) Bagaimana evaluasi model pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran IPS di MTs. Negeri 1 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan model pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran IPS di MTs. Negeri 1 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan model pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran IPS di MTs. Negeri 1 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi model pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran IPS di MTs. Negeri 1 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis model interaktif Miles, Huberman dan Saldana meliputi kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini 1) perencanaan model pembelajaran berbasis proyek di MTs. Negeri 1 Jember pada Tahun 2019/2020 meliputi kesiapan pendidik, kesiapan peserta didik, dan menentukan jadwal target penyelesaian proyek. 2) pelaksanaan model pembelajaran berbasis proyek di MTs. Negeri 1 Jember pada Tahun 2019/2020 meliputi penguasaan materi, pembentukan kelompok dan pembagian tugas, proses pembuatan proyek, pemantauan perkembangan proyek dan presentasi hasil kerja kelompok. 3) evaluasi penggunaan model pembelajaran berbasis proyek di MTs. Negeri 1 Jember pada Tahun 2019/2020 meliputi pengukuran pemahaman peserta didik terhadap materi yang disampaikan serta semangat antusias peserta didik mengikuti pelajaran IPS di kelas menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dalam bentuk hasil belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Ms Maulida Agustiningsih
Date Deposited: 14 Apr 2021 02:32
Last Modified: 14 Apr 2021 02:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/1816

Actions (login required)

View Item View Item