Pengaruh Penerapan Kurikulum 2013 Terhadap Kompetensi Guru di Madrasah Tsanawiyah Al-Misri Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2014/2015.

Munjiyati, Asnatul (2015) Pengaruh Penerapan Kurikulum 2013 Terhadap Kompetensi Guru di Madrasah Tsanawiyah Al-Misri Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Asnatul Munjiyati_084 111 040.pdf

Download (2MB)

Abstract

Asnatul Munjiyati, 2014: Pengaruh Penerapan Kurikulum 2013 Terhadap Kompetensi Guru di Madrasah Tsanawiyah Al-Misri Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. Upaya penyempurnaan kurikulum tidak lain, demi mewujudkan sistem pendidikan nasional yang kompetitif dan selalu relevan dengan perkembangan zaman yang senantiasa menjadi tuntutan. Kurikulum 2013 merupakan salah satu langkah sentral dan strategis dalam kerangka penguatan karakter menuju bangsa Indonesia yang madani. Tujuan Kurikulum 2013 sudah disesuaikan dengan UU RI No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 3.Harapan dengan adanya perubahan kurikulum adalah yang terbaik bagi anak-anak bangsa di masa yang akan datang. Ada tiga prakondisi yang harus dipenuhi agar kurikulum baru tersebut dapat diterapkan sesuai dengan desain dan kondisinya, yaitu kesiapan guru (dalam segi kualifikasi, kompetensi, dan kesamaan pemahaman paradigm), kurikulum baru dapat diterapkan sesuai dengan desain dan tujuannya, serta kurikulum akan berhasil jika dengan konsep “multimutan (mata pelajaran tertentu dapat mencakup substansi mata pelajaran lain yang selama ini diberikan terpisah)”. Dari latar belakang diatas maka rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi Pokok Masalah:Adakah pengaruh penerapan Kurikulum 2013 terhadap kompetensi guru di MTs. Al-Misri Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2014/2015?. Sub Pokok Masalah yang terdiri dari (1) Adakah pengaruh penerapan Kurikulum 2013 terhadap kompetensi pedagogik guru di MTs. Al-Misri Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2014/2015?, (2)Adakah pengaruh penerapan Kurikulum 2013 terhadap kompetensi kepribadian guru di MTs. Al-Misri Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2014/2015?, (3)Adakah pengaruh penerapan Kurikulum 2013 terhadap kompetensi sosial guru di MTs. Al-Misri Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2014/2015?, (4)Adakah pengaruh penerapan Kurikulum 2013 terhadap kompetensi profesional guru di MTs. Al-Misri Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2014/2015?. Tujuan dari penelitian ini meliputi tujuan umum: Untuk mengkaji pengaruh penerapan Kurikulum 2013 terhadap kompetensi guru didik di MTs. AlMisri Rambipuji Jember tahun pelajaran 2014/2015. Tujuan khusus yang terdiri dari (1) Untuk mengkaji pengaruh penerapan Kurikulum 2013 terhadap kompetensi pedagodik guru di MTs. Al- Misri Rambipuji Jember tahun pelajaran 2014/2015, (2) Untuk mengkaji pengaruh penerapan Kurikulum 2013 terhadap kompetensi kepribadian guru di MTs. Al- Misri di MTs. Al- Misri Rambipuji Jember tahun pelajaran 2014/2015, (3) Untuk mengkaji pengaruh penerapan Kurikulum 2013 terhadap kompetensi sosial di MTs. Al- Misri Rambipuji Jember tahun pelajaran 2014/2015, (4) Untuk mengkaji pengaruh penerapan Kurikulum 2013 terhadap kompetensi profesional di MTs. Al- Misri Rambipuji Jember tahun pelajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diah Magang
Date Deposited: 27 Jan 2023 02:01
Last Modified: 27 Jan 2023 02:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18166

Actions (login required)

View Item View Item