Ni’mah, Faiz Zatun (2021) implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Berbasis Keagamaan dalam Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik di MI Miftahul Huda Tahun Pelajaran 2020/2021”. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Faiz Zatun Ni'mah_T20174056.pdf Download (7MB) |
Abstract
Ekstrakurikuler berbasis keagamaan merupakan ekstrakurikuler yang memuat kegiatan-kegiatan islami sebagai pengembangan materi pendidikan islam yang dilaksanakan diluar jam sekolah. Ada 3 ekstrakurikuler berbasis keagamaan yang dilakukan di MI Miftahul Huda yaitu al diba’iyah, tahlil dan shalawat al banjari. Pembentukan karakter religius adalah suatu usaha untuk membentuk sistem kepercayaan yang akhirnya dapat membentuk pola piker yang bisa mempengaruhi perilaku , karakter religius yang tertanam dapat menjadikan perilaku yang berjalan selaras dengan nilai-nilai islami. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana implementasi kegiatan ekstrakurikuler berbasis keagamaan dalam pembentukan karakter religius peserta didik di MI Miftahul Huda? 2) Apa saja faktor pendukung kegiatan ekstrakurikuler berbasis keagamaan dalam pembentukan karakter religius peserta didik di MI Miftahul Huda? 3) Apa saja faktor penghambat kegiatan ekstrakurikuler berbasis keagamaan dalampembentukan karakter religius peserta didik di MI Miftahul Huda?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan implementasi kegiatan ekstrakurikuler berbasis keagamaan dalam pembentukan karakter religius peserta didik di MI Miftahul Huda. 2) menjelaskan faktor pendukung kegiatan ekstrakurikuler berbasis keagamaan dalampembentukan karakter religius di MI Miftahul Huda. 3) menjelaskan faktor penghambat kegiatan ekstrakurikuler berbasis keagamaan dalam pembentukan karakter religius peserta didik di MI Miftahul Huda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Sedangkan jenis penelitian ini adalah Field Research (Penelitian Lapangan). Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data yang digunakan menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Dalam penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) implementasi kegiatan ekstrakurikuler berbasis keagamaan dalam pembentukan karakter religius peserta didik di MI Miftahul Huda ada 3 jenis kegiatan yang dilaksanakan yaitu diba’iyah, tahlil dan shalawat al-banjari. Cara mengimplementasikan ketiga kegiatan ekstrakurikuler berbasis keagamaan ini dengan cara melakukan perencanaan yaitu membuat jadwal kegiatan, membuat daftar hadir dan menyiapkan alat transportasi. Sedangkan pelaksanaan dari ektrakurikuler berbasis keagamaan ini dilakukan setiap hari jum’at dan bergantian setiap minggunya. Adapun evaluasi dari kegiatan ekstrakurikuler ini dilakukan setiap pelaksanaan kegiatan pada waktu mauidlotul hasanah. 2) faktor pendukung dalamkegiatan ekstrakurikuler berbasis keagamaan dalam pembentukan karakter religius peserta didik di MI Miftahul Huda yaitu motivasi dalam diri peserta didik, antusias peserta didik, dukungan keluarga dan dukungan pembina ekstrakurikuler. 3) faktor penghambat dalam kegiatan ekstrakurikuler berbasis keagamaan dalam pembentukan karakter religius peserta didik di MI Miftahul Huda yaitu keadaan keluarga yang kurang mendukung, pengaruh dalam diri peserta didik dan terbatasnya pengawasan dari pihak sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220407 Studies in Religious Traditions (excl. Eastern, Jewish, Christian and Islamic Traditions) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Cindy Magang |
Date Deposited: | 27 Jan 2023 02:01 |
Last Modified: | 27 Jan 2023 02:01 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18172 |
Actions (login required)
View Item |