Pembelajaran Materi Unggah-Ungguh Basa Jawa Dalam Kemampuan Berbicara Sopan Santun Peserta Didik Kelas IV MIMA 35 Nurul Ulum Ambulu Tahun Pelajaran 2020/2021

Rahmayanti, Diana (2021) Pembelajaran Materi Unggah-Ungguh Basa Jawa Dalam Kemampuan Berbicara Sopan Santun Peserta Didik Kelas IV MIMA 35 Nurul Ulum Ambulu Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Diana Rahmayanti_T20174086.pdf

Download (9MB)

Abstract

Diana Rahmayanti, 2021: Pembelajaran Materi Unggah-Ungguh Basa Jawa Dalam Kemampuan Berbicara Sopan Santun Peserta Didik Kelas IV MIMA 35 Nurul Ulum Ambulu Tahun Pelajaran 2020/2021. Kata Kunci: Unggah-Ungguh Basa Jawa, Kemampuan Berbicara Sopan Santun Bahasa Jawa adalah bahasa yang istimewa karena memiliki undha-usuk basa sehingga berbicara harus dengan unggah-ungguh atau tata krama. Dengan adanya unggah-ungguh atau tata krama dalam berbicara, maka akan menghasilkan kemampuan berbicara sopan santun. Fokus yang dikaji dalam penelitian ini ada 2 yaitu, 1) Bagaimana Implementasi Pembelajaran Materi Unggah-Ungguh Basa Jawa dalam Kemampuan Berbicara Sopan Santun Peserta Didik Kelas IV MIMA 35 Nurul Ulum Ambulu?, 2) Bagaimana Implikasi Pembelajaran Materi Unggah-Ungguh Basa Jawa dalam Kemampuan Berbicara Sopan Santun Peserta Didik Kelas IVMIMA 35 Nurul Ulum Ambulu?. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran materi unggah-ungguh basa jawadalam kemampuan berbicara sopan santun peserta didik kelas IV MIMA 35 Nurul Ulum Ambulu Tahun Pelajaran 2020/2021, dan untuk mendeskripsikan implikasi pembelajaran materi unggah-ungguh basa jawadalam kemampuan berbicara sopan santun peserta didik kelas IV MIMA 35 Nurul Ulum Ambulu Tahun Pelajaran 2020/2021. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitiannya yang digunakan adalah penelitian fenomenologi. Sumber data penentuan subyek penelitian ini menggunakan teknik Purposive. Hasil dari penelitian adalah 1) Perencanaan, saat pembelajaran di dalam kelas perencanaannya yaitu sebelumnya guru menyusun RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) terlebih dahulu yang merujuk kepada silabus. Pembiasaan di luar jam pembelajaran tidak ada perencanaan khusus hanya perlu memperbanyak kosa kata bahasa Jawa Krama. 2) Pelaksanaan, saat pembelajaran di dalam kelas pelaksanaaan disesuaikan dengan RPP yang meliputi 3 kegiatan, yaitu pembuka, inti, dan penutup. Pembiasaan diluar jam pembelajaran pelaksanaanya tergantung pada progam yang dimiliki MIMA 35 Nurul Ulum Ambulu. 3) Evaluasi, saat pembelajaran di dalam kelas menggunakan soal harian, PTS dan PAS. Pembiasaan di luar jam pembelajaran yaitu dengan penilaian pembelajaran di luar jam pembelajaran bahasa Jawa berupa hal-hal yang berkaitan dengan tutur kata dan sikap sopan santun yang dimiliki peserta didik. Selain itu adanya kendala masih ada peserta didik yang lupa berbahasa Jawa Krama ketika berkomunikasi dengan guru dan pandemi covid-19 yang mengakibatkan pelaksanaan program terhambat. 4) Implikasi Pembelajaran Materi UnggahUngguh Basa Jawa membawa dampak positif, dengan adanya program tersebut peserta didik menjadi terbiasa menggunakan bahasa Jawa Krama saat berkomunikasi dengan guru, hal tersebut juga membawa dampak terhadap sikap sopan dan santun peserta didik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2099 Other Language, Communication and Culture > 209999 Language, Communication and Culture not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Diah Magang
Date Deposited: 27 Jan 2023 06:06
Last Modified: 27 Jan 2023 06:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18173

Actions (login required)

View Item View Item