PENGARUH HASIL BELAJAR KITAB BULÛGH AL-MARÂM TERHADAP KESALEHAN NORMATIF SANTRI ‘ULYA PESANTREN PUTRI BLOKAGUNG BANYUWANGI

Nadliroh, Ayu (2019) PENGARUH HASIL BELAJAR KITAB BULÛGH AL-MARÂM TERHADAP KESALEHAN NORMATIF SANTRI ‘ULYA PESANTREN PUTRI BLOKAGUNG BANYUWANGI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ayu Nadliroh_T20151404.pdf

Download (12MB)

Abstract

Dewasa ini pondok pesantren dianggap paling tepat untuk mengajarkan ilmu agama serta mencetak generasi penerus Islam yang berkompeten di bidang keagamaan dan ibadah sebagai out-put yang diharapkan agama dalam implementasinya di kehidupan nyata seperti ibadah, keilmuan, serta sikap keteladanannya bagi orang lain, keluarga, masyarakat bahkan dirinya sendiri. Hal itu menjadi klaim bahwa santri dianggap seorang yang taat beribadah dan paham tentang ilmu-ilmu agama. Pembelajaran Kitab Kuning merupakan ciri khas dalam tradisi pesantren yang tidak bisa dipisahkan. Tujuan pengajaran kitab kuning bukan sekadar berupaya mencetak kader-kader santri yang mampu menguasai tata bahasa ataupun ilmu mantik, lebih daripada itu sebagai upaya mempertahankan nilai dan tradisi pesantren yang identik dengan penguasaan kitab-kitab Islam klasik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh hasil belajar kitab Bulûgh al-Marâm terhadap kesalehan normatif santri ‘ulya pesantren putri Blokagung Banyuwangi? Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengkaji pengaruh hasil belajar kitab Bulûgh al-Marâm terhadap kesalehan normatif santri ‘ulya pesantren putri Blokagung Banyuwangi. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Populasi dalam penelitian ini yaitu santri ‘ulya. Dengan menggunakan teknik sampling jenuh yaitu seluruh santri ‘ulya dijadikan sampel. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data ialah: wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk menguji validitas adalah teknik korelasi Product Moment. Sedangkan untuk menguji reliabilitas menggunakan metode Kuder Richardson-20 (KR-20) dan metode Alpha. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis statistik dengan menggunakan rumus korelasi Product Moment, uji t dan uji Regresi Linier Sederhana. Berdasarkan hasil analisis product moment, telah diperoleh nilai rhitung sebesar 0.453 dan nilai rtabel pada taraf signifikan 5% adalah 0.339 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif yang cukup kuat antara hasil belajar kitab Bulûgh al-Marâm terhadap kesalehan normatif santri ‘ulya pesantren putri Blokagung Banyuwangi. Berdasarkan hasil analisis uji t, telah diperoleh nilai thitung sebesar 2,96 dan nilai ttabel pada taraf signifikan 5% adalah 0.339 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh hasil belajar kitab Bulûgh al-Marâm terhadap kesalehan normatif santri ‘ulya pesantren putri Blokagung Banyuwangi. Berdasarkan hasil analisis uji Regresi Linier Sederhana didapatkan koefisien regresi untuk konstan sebesar 35,385 menunjukkan bahwa jika variabel hasil belajar kitab Bulûgh al-Marâm bernilai nol atau tetap maka akan meningkatkan kesalehan normatif santri ‘ulya sebesar 35,385 satuan atau sebesar 35,385%. Variabel hasil belajar kitab Bulûgh al-Marâm 0,879 menunjukkan bahwa jika variabel hasil belajar kitab Bulûgh al-Marâm meningkat 1 satuan maka akan meningkatkan kesalehan normatif santri ‘ulya sebesar 0,879 satuan atau sebesar 0,879%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180199 Law not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 27 Jan 2023 06:06
Last Modified: 27 Jan 2023 06:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18182

Actions (login required)

View Item View Item