Kepemimpinan Kepala Madrsah dalam Pembinaan Kinerja Guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri Jember 3 Tanggul. Skripsi Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, IAIN Jember. Pembimbing Nuruddin M.Pd.I.

Widiyawati, Heni (2018) Kepemimpinan Kepala Madrsah dalam Pembinaan Kinerja Guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri Jember 3 Tanggul. Skripsi Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, IAIN Jember. Pembimbing Nuruddin M.Pd.I. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Heni Widiyawati_084 143 071.pdf

Download (5MB)

Abstract

Bekenaan dengan kepemimpinan kepala madrasah dalam pembinaan kinerja guru, maka sebagai kepala madrasah harus bisa menghasilkan guru yang berkompeten. Tugas kepala madrasah di lembaga salah satunya adalah membina semua karyawan beserta guru. Dalam membina kinerja guru sebagai kepala madrasah tentu memerlukan kepemimpinan Kepala Madrsah yang sangat baik. Utamanya kepemimoinan visioner dan demokratis. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Kepemimpinan visioner Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Madrsah Tsanawiyah Negeri Jember 3 Tanggul 2) Bagaimana Kepemimpinan demokratis Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Madrsah Tsanawiyah Negeri Jember 3 Tanggul. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan Bagaimana Kepemimpinan visioner Kepala Madrasah dalam Pembinaan Kinerja Guru di Madrsah Tsanawiyah Negeri Jember 3 Tanggul 2) Mendeskripsikan Bagaimana Kepemimpinan demokratis Kepala Madrasah dalam Pembinaan Kinerja Guru di Madrsah Tsanawiyah Negeri Jember 3 Tanggul. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan dalam peneliti ini adalah; Wawancara, Observasi, dan Dokumentasi. Analisis data menggunakan deskrptif kualitatif dengan langkahlangkah yaitu, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, keabsahan data yang digunakan yaitu trianggulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian: 1)kepemimpinan Visioner dalam Pembinaan kinerja guru di MTsN Jember 3 tanggul adalah dengan menyusun RKM (Rencama Kerja Madrasah) yang dilaksanakan satu tahun sekali. 2) Kepemimpinan demokratis dalam pembinaan kinerga guru di MTsN Jember 3 tanggul adalah Kepala Madrasah mengadakan musyawarah atau rapat setiap bulan untuk mengontrol RPP guru-guru hal ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja guru kalau tidak adanya pengecekan RPP takutnya guru-guru tidak menguasai materi apa yang akan diajarkan pada peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0601 Biochemistry and Cell Biology > 060103 Cell Development, Proliferation and Death
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms. Cindy Magang
Date Deposited: 27 Jan 2023 06:06
Last Modified: 27 Jan 2023 06:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18183

Actions (login required)

View Item View Item