Strategi Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran Tematik oleh Guru Kelas di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Jambesari Darus Sholah Bondowoso Tahun Pelajaran 2018/2019.

Alimudin, Bagus (2018) Strategi Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran Tematik oleh Guru Kelas di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Jambesari Darus Sholah Bondowoso Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Bagus Alimudin _084 144 059.pdf

Download (9MB)

Abstract

Teknologi masih belum bisa benar-benar didayagunakan, terutama dalam pembelajaran. Khususnya di wilayah pedesaan/ pelosok. Sehingga masyarakat awam kurang memahami akan kebermanfaatan teknologi di bidang pendidikan. Banyak guru dengan paradigma lama dan kemampuan yang kurang terampil dalam mengoperasikan teknologi khususnya keberadaan multimedia (LCD) di madrasah sehingga enggan mengoptimalkan dan mengetahui kebermanfaatannya. Fokus penelitian ini diantaranya: 1) Bagaimana persiapan sebelum menggunakan media dalam pembelajaran tematik oleh guru kelas di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Jambesari Darus Sholah Bondowoso tahun pelajaran 2018/2019? 2) Bagaimana kegiatan selama menggunakan media dalam pembelajaran tematik oleh guru kelas di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Jambesari Darus Sholah Bondowoso tahun pelajaran 2018/2019? 3) Bagaimana kegiatan tindak lanjut dalam pembelajaran tematik oleh guru kelas di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Jambesari Darus Sholah Bondowoso tahun pelajaran 2018/2019? Tujuan penelitian ini diantaranya: 1) Mendeskripsikan persiapan sebelum menggunakan media dalam pembelajaran tematik oleh guru kelas di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Jambesari Darus Sholah Bondowoso 2) Mendeskripsikan kegiatan selama menggunakan media dalam pembelajaran tematik oleh guru kelas di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Jambesari Darus Sholah Bondowoso 3) Mendeskripsikan kegiatan tindak lanjut dalam pembelajaran tematik oleh guru kelas di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Jambesari Darus Sholah Bondowoso. Pendekatan penelitian kualitatif, jenis penelitian adalah penelitian deskriptif, subyek penelitian ditentukan menggunakan teknik purposive, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif melalui empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menyimpulkan: 1) Persiapan telah dilakukan dengan cara: Menyiapkan RPP, menyiapkan materi dan bahan ajar, menyampaikan bahasan materi, melakukan check peralatan/ media ajar seperti LCD, komputer dan alat penyerta lainnya, 2) Kegiatan selama menggunakan media guru telah melakukan: pengkondisian siswa, menyampaikan tujuan pembelajaran, tidak memperbolehkan siswa berbicara dan menulis saat media ditayangkan, menulis dan menjawab pertanyaan dilakukan usai media ditayangkan, 3) Kegiatan tindak lanjut telah dilakukan dengan cara: mengadakan kegiatan diskusi siswa, pengamatan lingkungan sekitar, menjawab soal/ tes.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200104 Media Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 27 Jan 2023 06:06
Last Modified: 27 Jan 2023 06:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18185

Actions (login required)

View Item View Item