Manajemen Kewirausahaan Sebagai Upaya Meningkatkan Kemandirian Sekolah di SMK Syekh Abdul Qodir Al-Jailani Rangkang, Kec. Kraksaan, Kab. Probolinggo tahun pelajaran 2017/2018.

Robianto, Budi (2018) Manajemen Kewirausahaan Sebagai Upaya Meningkatkan Kemandirian Sekolah di SMK Syekh Abdul Qodir Al-Jailani Rangkang, Kec. Kraksaan, Kab. Probolinggo tahun pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Budi Robianto Setiawan_084 133 083.pdf

Download (4MB)

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah jenjang pendidikan menengah pada pendidikan formal di indonesia, setara dengan Sekolah Menengah Atas (SMA), yang pengelolaannya dilakukan oleh Kementrian Agama. Kurikulum sekolah menengah kejuruan sama dengan kurikulum sekolah menengah atas, hanya saja pada SMK terdapat porsi lebih banyak muatan pendidikan kepada teori dan prakteknya, yaitu otomotif, akuntansi, multimedia, manajemen bisnis dan keperawatan. Opini publik yang positif terhadap sekolah dapat diperoleh dengan adanya kerja keras dari kepala sekolah atau lembaga pendidikan terkait. Manajemen kewirausahaan berperan mencari peluang yang ada agar lembaga atau sekolah tersebut semakin lebih maju dan tambah peminatnya. Dari uraian di atas maka fokus penelitian ini adalah membahas tentang bagaimana konsep perencanaan, pola pelaksanaan dan model evaluasi manajemen kewirausahaan sebagai upaya meningkatkan kemandirian sekolah di SMK Syekh Abdul Qodir Al-jailani rangkang, Kec. Kraksaan, Kab. Probolinggo Tahun Pelajaran 2017/2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan konsep perencanaan, pola pelaksanaan, dan model evaluasi manajemen kewirausahaan sebagai upaya meningkatkan kemandirian sekolah di SMK Syekh Abdul Qodir Al-jailani rangkang, Kec. Kraksaan, Kab. ProbolinggoTahunPelajaran 2017/2018. Adapun metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian field research dan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling yang dalam teknisnya dipilih dengan pertimbangan dan tujuan tertentu. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Langkah-langkah yang digunakan dalam menganalisis data adalah mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk keabsahan datanya menggunakan metode validitas triangulasi metode dan triangulasi sumber. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini berdasarkan fokus penelitianya itu sebagai berikut: konsep perencanaan manajemen kewirausahaan dalam penelitian ini adalah dengan menetapkan tugas dan tujuan. Ini dibuktikan dengan dirumuskannya beberapa tujuan yang telah dirumuskan dalam tujuan pembelajaran. Selain menetapkan tugas dan tujuan, sekolah juga melakukan pengorganisasian dan melakukan sintesis. Pola pelaksanaannya adalah dengan memberikan materi pelajaran yang akan dipraktikkan dilapangan. Pemberian materi ini difokuskan pada masing bidang kewirausahaan yang diikuti oleh masing-masing siswa. Model evaluasi dalam penelitian ini adalah dengan mengkoreksi hasil karya dari para siswa dan karakter yang dimilikinya. Ada beberapa bidang yang kewirausahaan yang menjadi evaluasi dari kinerja ini. Adapun karakter yang dimiliki oleh para siswa disana adalah memiliki kepercayaan diri, menciptakan inovasi-inovasi dan memiliki sikap orientasi kedepan dengan terwujudnya sekolah yang mandiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services > 159999 Commerce, Management, Tourism and Services not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 27 Jan 2023 06:05
Last Modified: 27 Jan 2023 06:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18187

Actions (login required)

View Item View Item