PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA BIG BOOK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS II DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA'ARIF NU SALAFIYAH TUMPENG TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Rohmah, Mu'alifatul (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA BIG BOOK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS II DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA'ARIF NU SALAFIYAH TUMPENG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mu'alifatul Rohmah_T20184102.pdf

Download (15MB)

Abstract

ABSTRAK
Mualifatul Rohmah, 2022: Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Big Book Pada Pembelajaran Tematik Kelas II di Madrasah Ibtidaiyah Maarif NU Salafiyah Tumpeng Tahun Pelajaran 2021/2022.
Berdasarkan observasi dan wawancara peneliti proses pembelajaran tematik di kelas II sudah cukup baik, namun guru hanya berpatok pada buku siswa saja tanpa menggunakan media. Sebelum pandemi guru kelas II sering menggunakan media dalam pembelajaran, namun saat pandemi melanda tidak pernah menggunakan media hingga saat ini. Sehingga mengakibatkan proses pembelajaran dan hasil belajar siswa kurang maksimal. Oleh karenanya, peneliti menerapkan media big book untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas II MI Maarif NU Salafiyah Tumpeng Tahun pelajaran 2021/2022.
Permasalahan dalam skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana pembelajaran tematik menggunakan media big book yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II di Madrasah Ibtidaiyah Maarif NU Salafiyah Tumpeng tahun pelajaran 2021/2022?; 2) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa menggunakan media big book pada pembelajaran tematik kelas II di Madrasah Ibtidaiyah Maarif NU Salafiyah Tumpeng tahun pelajaran 2021/2022?.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan pembelajaran tematik menggunakan media big book yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II di Madrasah Ibtidaiyah Maarif NU Salafiyah Tumpeng tahun pelajaran 2021/2022; 2) Untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa menggunakan media big book pada pembelajaran tematik kelas II di Madrasah Ibtidaiyah Maarif NU Salafiyah Tumpeng tahun pelajaran 2021/2022.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas selama 2 siklus (2 pertemuan tiap siklus). Subyek dalam peneltian ini siswa kelas II MI Maarif NU Salafiyah Tumpeng berjumlah 38 siswa. Teknik pengumpulan data melalui: observasi, wawancara, tes, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan: kondensasi data, penyajian data, verifikasi data untuk proses pembelajarannya, dan data pendukung di analisis menggunakan rumus persentase untuk melihat hasil lembar observasi guru dan siswa, serta tes hasil belajar siswa. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik.
Hasil penelitian: 1) pembelajaran tematik menggunakan media big book langkah awalnya menyiapkan media big book yang berisi gambar menarik sesuai dengan tema pelajaran. Guru menunjukkan setiap gambar pada siswa dan melakukan tanya jawab terkait gambar tersebut, guru mempertegas cerita dalam media big book, terakhir tes evaluasi. Siswa sangat antusias dan tertarik dengan media big book menjadikan mereka semangat dalam belajar dan mudah memahami materinya, sehingga mempengaruhi hasil belajar mereka menjadi meningkat; 2) media big book dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas II di MI Maarif NU Salafiyah Tumpeng. Hal ini dilihat dari rata-rata hasil belajar siswa yang meningkat >70% pada tiap siklusnya. Observasi guru dan siswa juga meningkat: prasiklus 57,63%, siklus I 74,47%, siklus II 88,16. observasi guru: prasiklus 80%, siklus I 85%, siklus II 90%.
Kata Kunci: hasil belajar, media big book, pembelajaran tematik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mu'alifatul Rohmah
Date Deposited: 30 Jan 2023 04:09
Last Modified: 30 Jan 2023 04:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18188

Actions (login required)

View Item View Item