Pola Komunikasi Dinas Sosial Dalam Pembinaan Pengemis Di Kabupaten Jember

Ningsih, Bunga Surawijaya (2015) Pola Komunikasi Dinas Sosial Dalam Pembinaan Pengemis Di Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Bunga Surawijaya Ningsih_082 111 012.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kemiskinan merupakan hal negatif dari segala perspektif pandang kehidupan sosial masyarakat. Agama mengajarkan bahwa kemiskinan itu sangat dekat dengan kekufuran. Sementara dalam kehidupan sosial masyarakat, kemiskinan itu sangat dekat dengan kebodohan dan ketidak patuhan dalam segala hal. Kemiskinan dapat dilihat sebagai sebuah fenomena sosial yang kompleks, sebagai akibat dari ketidakmampuan diri maupun kelompok masyarakat tertentu untuk memperjuangkan kepentingankepentingan di tengah-tengah komunitas sosialnya. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pola komunikasi Dinas Sosial dalam pembinaan pengemis di Kabupaten Jember? 2) Apa kelebihan dan kekurangan pengaruh pola komunikasi Dinas Sosial dalam pembinaan pengemis di Kabupaten Jember. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pola komunikasi Dinas Sosial dalam pembinaan pengemis di Kabupaten Jember dan mengetahui serta mendeskripsikan kelebihan dan kekuranga pola komunikasi Dinas Sosial dalam pembinaan pengemis di Kabupaten Jember. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi secara langsung, wawancara dan dokumentasi. Dan data dianalisis secara kualitatif yang terdiri dari tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi, serta keabsahan data dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini mengungkapkan 1) pola komunikasi Dinas Sosial dalam Pembinaan Pengemis di Kabupaten Jember ialah efektif. Karena dalam proses pembinaan, Dinas Sosial yang dibantu oleh lembaga lain memberikan materi dan praktek yang praktis. Pemberian materi kepada pengemis, ditujukan agar pengemis menjadi orang yang mandiri secara ekonomi. Dan dibuktikan dengan setelah pengemis membuka usaha sendiri, pengemis juga bisa mengelolah modal yang diberikan oleh Dinas Sosial. Serta banyaknya jumlah pengemis yang telah membina tetap menjalankan usaha .yang diberikan oleh Dinas Sosial dan tidak melakukan kembali pekerjaan sebagai pengemis. 2) Kelebihan dan kekurangan pola komunikasi Dinas Sosial dalam pembinaan pengemis di Kabupaten Jember ialah adanya proses yang bersifat prefentif dan korektif sehingga Dinas Sosial mengetahui sejauh mana permasalahan pengemis, sehingga dapat menentukan langkah apa yang diambil selanjutnya. Kekurangan yang terjadi adalah perluasan materi yang diberikan kepada pengemis pada saat pembinaan sehingga perlunya perluasan materi dari pembinaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2099 Other Language, Communication and Culture > 209999 Language, Communication and Culture not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 27 Jan 2023 08:33
Last Modified: 27 Jan 2023 08:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18190

Actions (login required)

View Item View Item