Kemandirian Kurikulum Pesantren Salaf di P.P Nahdlotut Tholibin Bladu wetan Probolinggo dan P.P Bustanul Ulum Sumber Wringin jember.

AS, Abdul Haq (2021) Kemandirian Kurikulum Pesantren Salaf di P.P Nahdlotut Tholibin Bladu wetan Probolinggo dan P.P Bustanul Ulum Sumber Wringin jember. Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Abdul Haq AS_0841916002.pdf

Download (9MB)

Abstract

Haq AS, Abdul, 2021. Kemandirian Kurikulum Pesantren Salaf di P.P Nahdlotut Tholibin Bladu wetan Probolinggo dan P.P Bustanul Ulum Sumber Wringin jember. Disertasi. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Insttitut Agama Islam Negri Jember. Pembimbing I: Prof. Dr. H. Babun Suharto, SE. MM. Pembimbing II: Prof.Dr. Hj. Titiek Rohanah H., M.Pd. Kata Kunci: Kemandirian, Kurikulum, Pesantren Salaf Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya pernyataan bahwa upaya pemerintah untuk menciptakan kemandirian pada lembaga pendidikan tidak mudah, Terutama jika diterapkan pada penyelenggaraan pendidikan dari masing-masing lembaga pendidikan di Indonesia yang akan dilakukan secara sempurna. Lembaga pendidikan terkendala pada beberapa hal yang sangat signifikan. Lembaga pendidikan mandiri adalah lembaga yang memiliki kemamampuan menyelengarakan dan mencapai standar pendidikan nasional yang telah ditentukan secara mandiri. Ada elemen yang bisa dikatakan mandiri yaitu kurikulum. Sejarah juga mencatat bahwa pesantren mampu secara penuh berperan aktif dalam perkembangan peradaban nusantara, tidak dapat dipungkiri bahwa pesantren sebagai local genius dunia pendidikan nusantara hingga sekarang masih mampu menjalankan pendidikannya secara mandiri. Pesantren kuat tanpa penyangga eksternal atau institusi lain, Kuatnya kemandirian pondok pesantren tentu kerena akar berdirinya lahir dari gotong royong masyarakat. hal ini terjadi pada pesantren salaf. Secara umum pesantren salaf tidak menerima bantuan dari Pemerintah. Ia mandiri dengan kemampuannya sendiri. kedua pesantren yang kami teliti ini terbuti dapat mengembangkan manajemen kuruikulumnya dengan baik. Adapun pondok pesantren salaf yang bisa dikatakan mandiri yakni pesantren salaf di Pesantren Nadlotul Tholibin Bladu Wetan Probolinggo dan Pesantren Bustanul Ulum Sumber wringin Jember. merupakan pesantren salaf yang tetap mempertahankan nilai-nilai tradisionalnya. Berdasarkan latar belakang diatas, maka fokus penelitian dari disertasi ini adalah bagaimana kemandirian manajemen kurikulum pendidikan pesantren salaf di Pesantren Nadlotul Tholibin Bladu Wetan Probolinggo dan Pesantren Bustanul Ulum Sumber wringin Jember? Sedangkan tujuan penelitian ini yaitu untuk Mendeskripsikan dan menganalisis kemandirian manajemen kurikulum pendidikan pesantren salaf di Pesantren Nadlotul Tholibin Bladu Wetan Probolinggo dan Pesantren Bustanul Ulum Sumber wringin Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis fenomenologis. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif meliputi: kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data seperti dianjurkan Lincoln dan Guba dilakukan dengan cara: uji kredibilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Temuan disertasi ini adalah Self Curriculum of Pesantren (SCP), yaitu kemandirian manajemen dikedua pondok pesantren salaf ini terbukti tetap bisa mempertahankan diri (survive) dan dapat mengembangkan manajemen yang inovatif dan baik dalam kurikulum

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012799 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Diah Magang
Date Deposited: 27 Jan 2023 08:33
Last Modified: 27 Jan 2023 08:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18191

Actions (login required)

View Item View Item