Aini, Choirina Daroh (2021) Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif pada Anak kelompok A melalui media gambar/foto di Pendidikan Anak Usia Dini Mutiara Hati Dawuhan Mumbulsari Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Choirina Daroh Aini_T20155017.pdf Download (10MB) |
Abstract
Kemampuan kognitif anak sangat penting untuk dikembangkan sejak dini. Hal ini bertujuan agar anak mampu mengeksplorasi lingkungannya melalui panca inderanya. Termasuk dalam hal kemampuan anak dalam berpikir kritis, berpikir logis dan berpikir simbolik. Media menjadi salah satu cara yang tepat untuk membantu meningkatkan kemampuan kognitif anak. Namun dibeberapa sekolah PAUD masih jarang menggunakan media visual (gambar atau foto), karena guru hanya terfokus pada kegiatan yang lebih mudah seperti menggunakan lembar kerja anak. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana upaya meningkatkan kemampuan kognitif pada anak kelompok A dalam berfikir kritis melalui media gambar/foto di PAUD Mutiara Hati Dawuhan, Mumbulsari, Jember? 2) Bagaimana upaya meningkatkan kemampuan kognitif pada anak kelompok A dalam berfikir logis melalui media gambar/foto di PAUD Mutiara Hati Dawuhan, Mumbulsari, Jember? 3) Bagaimana upaya meningkatkan kemampuan kognitif pada anak kelompok A dalam berfikir simbolik melalui media gambar/foto di PAUD Mutiara Hati Dawuhan, Mumbulsari, Jember? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan kognitif anak usia dini dalam berfikir kritis, berfikir logis dan berfikir simbolik melalui media gambar/foto di PAUD Mutiara Hati Dawuhan, Mumbulsari, Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian ini di PAUD Mutiara Hati Dawuhan, Mumbulsari, Jember. Penentuan informan menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, kondensasi data (data condensation), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan (conclusions drawing). Sedangkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini: 1) Meningkatkan kemampuan kognitif pada anak kelompok A dalam berfikir kritis melalui media gambar/foto, dengan cara guru menjelaskan materi pembelajaran kepada anak menggunakan media gambar sesuai dengan tema pembelajaran selanjutnya melakukan tanya jawab dengan anak secara klasikal, kemudian anak menjawab pertanyaan yang diberikan guru. 2) Meningkatkan kemampuan kognitif pada anak kelompok A dalam berpikir logis melalui media gambar/foto, dengan cara guru bercerita sesuai dengan mimik wajahnya untuk menarik perhatian anak. Guru juga mempraktekkan suatu kegiatan yang dilanjutkan pemberian tugas mengurutkan ukuran binatang dari gambar. 3) Meningkatkan kemampuan kognitif pada anak kelompok A dalam berfikir simbolik melalui media gambar/foto, dengan cara guru mulai menjelaskan tugas yang akan diberikan kepada anak berupa tugas membuat kolase yaitu kolase gambar lebah dan menghitung. Guru mengajarkan kepada anak bagaimana menghitung melalui gambar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1799 Other Psychology and Cognitive Sciences > 179999 Psychology and Cognitive Sciences not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 27 Jan 2023 08:33 |
Last Modified: | 27 Jan 2023 08:33 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18195 |
Actions (login required)
View Item |