Manajemen Kesiswaan Dalam Pengembangan Kecakapan Hidup Peserta Didik Di Madrasah Aliyah Negeri Lumajang Tahun Pelajaran 2018/2019.

Maqhfiroh, Cholifatul (2018) Manajemen Kesiswaan Dalam Pengembangan Kecakapan Hidup Peserta Didik Di Madrasah Aliyah Negeri Lumajang Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Cholifatul Maqhfiroh_084 143 040.pdf

Download (4MB)

Abstract

Lembaga pendidikan merupakan tempat dilaksanakannya pendidikan. Pendidikan dikatakan berkualitas jika dapat menghasilkan sumber daya manusia yang tidak hanya menguasai ilmu pengetahuan, tetapi juga mampu menghasilkan manusia yang terampil. Madrasah Aliyah Negeri Lumajang merupakan salah satu madrasah yang mempunyai program vokasional. Program pendidikan ini sebagai wadah pengembangan kecakapan hidup peserta didik yang mampu menghadapi perannya dimasa datang. Fokus penelitian dalam skripsi ini sebagai berikut: (1) Bagaimana Manajemen Kesiswaan dalam Pengembangan Kecakapan Hidup Spesifik Akademik Peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri Lumajang tahun pelajaran 2018/2019? (2). Bagaimana Manajemen Kesiswaan dalam Pengembangan Kecakapan Hidup Spesifik Vokasional Peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri Lumajang tahun pelajaran 2018/2019? Tujuan penelitian diantaranya: (1) Mendeskripsikan Manajemen Kesiswaan dalam Pengembangan Kecakapan Hidup Spesifik Akademik Peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri Lumajang tahun pelajaran 2018/2019. (2) Mendeskripsikan Manajemen Kesiswaan dalam Pengembangan Kecakapan Hidup Spesifik Vokasional Peserta didik Sosial di Madrasah Aliyah Negeri Lumajang tahun pelajaran 2018/2019. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis kualitatif deskriptif. Teknik penentuan subjek dengan menggunakan purposive. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan interaktif dan model dengan langkah reduksi data, penyajian data dan verivikasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini yaitu: (1) Manajemen Kesiswaan dalam Pengembangan Kecakapan Hidup Spesifik Akademik Peserta didik dengan rekruitmen peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri Lumajang terdapat dua jalur yaitu jalur khusus dan jalur umum. Untuk seleksi di Madrasah Aliyah Negeri Lumajang berdasarkan nilai SKHUN dan rata-rata raport tanpa ada tes. Orientasi peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri Lumajang disebut Masa Ta’aruf Madrasah (MATSAMA). Penempatan peserta didik ditentukan melalui tes penjurusan. Untuk pembinaan dan pengembangan akademik peserta didik dengan memberi materi sesuai jurusan serta melalui les, Club, dan LPBA. (2) Manajemen Kesiswaan dalam Pengembangan Kecakapan Hidup Spesifik Vokasional Peserta didik dengan rekruitmen program vokasional dipilih saat PPDB, tanpa seleksi dan tes. Untuk pembinaan dan pengembangannya yaitu selalu dipantau saat pembelajaran, dan juga melalui club. Perkembangannya dinilai dan juga ada UTS serta semester.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services > 159999 Commerce, Management, Tourism and Services not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 27 Jan 2023 08:33
Last Modified: 27 Jan 2023 08:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18199

Actions (login required)

View Item View Item