Model Komunikasi Antarbudaya Mahasiswa Muslim Thailand Dalam Proses Akulturasi Budaya Di Kabupaten Jember

Pratiwi, Clara Sinta (2020) Model Komunikasi Antarbudaya Mahasiswa Muslim Thailand Dalam Proses Akulturasi Budaya Di Kabupaten Jember. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Clara Sinta Pratiwi_0829117005.pdf

Download (13MB)

Abstract

Kecenderungan untuk melakukan reformasi tata kelola pendidikan tinggi saat ini telah menjadi trend dunia. Penetapan peringkat perguruan tinggi baik tingkat Internasional (World Class University) maupun tingkat Nasional Indonesia atau Asean melalui Rangking Web of Universities dari berbagai benua menjadi tren baru dalam mengukur kualitas perguruan tinggi dari berbagai aspek dan sudut pandang. Internasionalisasi perguruan tinggi merupakan suatu proses yang menyangkut internasionalisasi kurikulum, administrasi dan manajemen, penelitian kolaborasi secara akademik, serta pertukaran mahasiswa dan dosen. Jumlah mahasiswa asing yang datang ke Indonesia mengalami kenaikan setiap tahunnya. Di kabupaten Jember, terdapat beberapa perguruan tinggi yang menerima mahasiswa asing untuk belajar. Mahasiswa asing yang belajar di Jember tersebar dibanyak perguruan tinggi negeri dan swasta. sederetan perguruan tinggi itu antara lain Universitas Negeri Jember, Institut Agama Islam Negeri Jember, dan universitas Muhammadiyah Jember. Mahasiswa asing yang berkuliah di perguruan tinggi di kabupaten Jember berasal dari berbagai macam Negara, salah satunya berasal dari Thailand. Bagaimana cara mahasiswa muslim Thailand beradaptasi pada budaya Jember yang didominasi oleh kultur budaya jawa dan Madura menjadi hal menarik untuk diteliti. Hal ini dapat diketahui melalui model komunikasi mahasiswa muslim Thailand dalam proses akulturasi budaya dengan menggunakan teori William B. Gudykunts dan Alo liliweri. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab 2 fokus penelitian diantaranya: 1. Bagaimana model komunikasi antarbudaya mahasiswa muslim Thailand dalam proses akulturasi budaya di kabupaten Jember? 2. Bagaimana komunikasi antarbudaya mahasiswa muslim Thailand dalam menghadapi budaya dominan di kabupaten Jember ? Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi fenomenologi yaitu satu jenis metode penelitian kualitatif yang diaplikasikan untuk mengungkap kesamaan makna yang menjadi esensi dari suatu konsep atau fenomena yang secara sadar dan individual dialami oleh sekelompok individu dalam hidupnya. Hasil dari penelitian iniadalah bahwa mahasiswa muslim Thailand dalam proses akulturasi budaya dikabupaten Jember melakukan berbagai proses adaptasi dengan budaya pribumi. Adaptasi yang dilakukan meliputi tujuh unsur kebudayaan universal. Selanjutnya strategi yang dilakukan mahasiswa muslim Thailand dalam menghadapi budaya dominan adalah dengan membentuk suatu organisasi HMPI dengan kegiatan yang mengarah pada pelestarian budaya asal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2002 Cultural Studies > 200299 Cultural Studies not elsewhere classified
Divisions: Program Magister > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 27 Jan 2023 08:33
Last Modified: 27 Jan 2023 08:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18204

Actions (login required)

View Item View Item