Perlindungan Bagi Pekerja PT. Indomarco Prismatama Sumbersari Jember (perspektif Undangundang No. 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan dan Hukum Islam).

Kurniawan, Dadang (2018) Perlindungan Bagi Pekerja PT. Indomarco Prismatama Sumbersari Jember (perspektif Undangundang No. 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan dan Hukum Islam). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Dadang Kurniawan_083 132 025.pdf

Download (6MB)

Abstract

Perlindungan bagi pekerja merupakan tindakan atau upaya untuk melindungi masyarakat dari berbagai jenis perbuatan yang melanggar hukum. PT. Indomarco Prismatama Sumbersari Jember salah satu perusahaan yang menerapkan mengenai konsep perlindungan bagi pekerja terhadap pekerja dengan tujuan melindungi serta menjamin keselamatan dan kesehatan kerja: Fokus masalah yang diangkat dalam penelitian ini diantaranya: 1) Bagaimana perlindungan yang di berikan perusahaan kepada pekerja di PT. Indomarco Prismatama Sumbersari Jember? 2)Bagaimana perlindungan bagi pekerja di PT. Indomarco dalam Perspektif Undang-undang nomor 13 Tahun 2003? 3)Bagaimana perlindungan bagi pekerja di PT. Indomarco dalam perspektif Hukum Islam? Tujuan penelitian ini adalah : 1). Untuk mendeskripsikan perlindungan yang di berikan perusahaan kepada pekerja di PT. Indomarco Prismatama Sumbersari Jember.2). Untuk mendeskripsikan perlindungan bagi pekerja di PT. Indomarco dalam perspektif Undang-undang nomor 13 Tahun 2003.3). Untuk mendeskripsikan perlindungan bagi pekerja di PT. Indomarco dalam perspektif Hukum Islam. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan penelitian Kualitatif. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan perlindungan yang di berikan perusahaan kepada pekerja di PT. Indomarco Prismatama Sumbersari Jember berupa keselamatan dan kesehatan. Perlindungan pekerja berupa keselamtan berupa perlindungan yang berkaitan langsung dengan fisik dan perlindungan kesehatan berupa adanya BPJS Ketenagakerjaan dimaksudkan agar supaya pekerja mendapatkan jaminan kesehatan dari perusahaan. 2) Untuk mendeskripsikan perlindungan bagi pekerja di PT. Indomarco dalam perspektif Undang-undang nomor 13 Tahun 2003 perlindungan terhadap tenaga kerja berupa keselamatan dan kesehatan kerja, moral dan kesusilaan, dan perlakuan yang sesuai dengan harkat dan martabat manusia serta nilai-nilai agama. Di PT. Indomarco Prismatama Sumbersari Jember perlindungan terhadap tenagakerja yang terealisasikan berupa keselamatan dan kesehatan. 3) Untuk mendeskripsikan perlindungan bagi pekerja di PT. Indomarco dalam perspektif Hukum Islam perlindungan tenagakerja bagi pekerja dalam hukum islam berupa toleransi terhadap kewajiban beribadah sesuai dengan agamanya perusahaan PT. Indomarco Prismatama Sumbersari Jember dalam penerapannya sebagaimana yang dianjurkan dalam UU Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan pada pasal 86 huruf C yang berbunyi “ perlakuan yang sesuai dengan harkat dan martabat manusia serta nilai-nilai agama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160799 Social Work not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 27 Jan 2023 08:33
Last Modified: 27 Jan 2023 08:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18206

Actions (login required)

View Item View Item