Strategi Komunikasi Penyiaran Radio Kota Fm Surabaya pada Program Unggulan Digoda (Digoyang Dangdut) dan Tugu Pahlawan (Tujuh Belas Lagu Paling Menawan) dalam Meningkatkan Minat Pendengar

Luthfiyah, Ayyinatul (2023) Strategi Komunikasi Penyiaran Radio Kota Fm Surabaya pada Program Unggulan Digoda (Digoyang Dangdut) dan Tugu Pahlawan (Tujuh Belas Lagu Paling Menawan) dalam Meningkatkan Minat Pendengar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
AYYINATUL LUTHFIYAH_D20181033.pdf

Download (4MB)

Abstract

Radio Kota FM Surabaya tetap mempertahankan eksistensinya melalui strategi komunikasi agar banyak diminati masyarakat dan mampu bersaing dengan kemajuan era digital. Salah satu ciri khas dari Radio Kota FM Surabaya yakni dengan pemutaran lagu dangdutnya dengan berbagai genre melalui beberapa program. Di antara beberapa program yang disajikan, ada dua program yang menjadi program unggulan Radio Kota FM Surabaya, yaitu program Digoda (Digoyang Dangdut) dan Tugu Pahlawan (Tujuh Belas Lagu Paling Menawan). Fokus masalah yang diteliti yaitu: 1) Bagaimana strategi komunikasi penyiaran radio Kota FM Surabaya pada program unggulan Digoda dan Tugu Pahlawan dalam meningkatkan minat pendengar? 2) Bagaimana respon pendengar terhadap program unggulan Digoda dan Tugu Pahlawan? Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi non partisipan, dan dokumentasi. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa Strategi komunikasi penyiaran Radio Kota FM Surabaya pada program unggulan Digoda (Digoyang Dangdut) & Tugu Pahlawan (Tujuh Belas Lagu Paling Menawan) dalam meningkatkan minat pendengar yakni memperbanyak segment talk, penggunaan gaya bahasa dalam penyiaran, dan juga adanya live Instagram ataupun visit artis dangdut yang datang langsung ke Radio Kota FM Surabaya yang dilakukan secara On Air ataupun Off Air. Respon pendengar terhadap dua program unggulan Digoda (Digoyang Dangdut) dan Tugu Pahlawan (Tujuh belas Lagu Paling Menawan) pada Radio Kota FM Surabaya sangat beragam sesuai dengan kebutuhan dan minat masing-masing.
Kata Kunci: Strategi Komunikasi; Radio; Pendengar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
Depositing User: Miss AYYINATUL LUTHFIYAH
Date Deposited: 30 Jan 2023 03:04
Last Modified: 30 Jan 2023 03:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18210

Actions (login required)

View Item View Item