Strategi Penawaran Kredit dan Dampaknya Terhadap Aset Perusahaan pada PT. BPR Anugerahdharma Yuwana Jember Cabang Rambipuji

Amalia, Nur Farida (2020) Strategi Penawaran Kredit dan Dampaknya Terhadap Aset Perusahaan pada PT. BPR Anugerahdharma Yuwana Jember Cabang Rambipuji. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Jember.

[img] Text
Nur Farida Amalia_E20161089.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam UU Perbankan No. 10/1998 secara tegas disebutkan bahwa BPR adalah Bank yang melaksanakan kegiatan usaha secara konvensional atau berdasarkan prinsip syariah yang dalam kegiatannya tidak memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran. BPR merupakan jenis bank yang salah satu usahanya memberikan kredit kepada masyarakat. Salah satu jenis masalah yang dihadapi oleh BPR adalah terjadinya resiko kredit, secara tidak langsung hal tersebut dapat berpengaruh terhadap aset perusahaan yang dicapai bank tersebut. Berdasarkan pemaparan latar belakang masalah di atas, maka penulis merumuskan beberapa permasalahan yang menarik untuk dikaji dan dianalisis, diantaranya : a) Bagaimana strategi penawaran kredit pada BPR Anugerahdharma Yuwana Jember Cabang Rambipuji ?. b) Bagaimana dampak strategi penawaran kredit terhadap aset perusahaan pada BPR Anugerahdharma Yuwana Jember Cabang Rambipuji ?. Maksud dari penelitian ini adalah untuk menggali atau mencari data dan informasi yang berhubungan dengan Strategi Penawaran Kredit dan Dampaknya Terhadap Aset Perusahaan pada PT BPR Anugerahdharma Yuwana Jember Cabang Rambipuji. Sesuai dengan permasalahan yang telah dikemukakan, tujuan penelitian ini adalah : a)Menganalisis strategi penawaran kredit terhadap calon kreditur BPR Anugerahdharma Yuwana Jember Cabang Rambipuji. b)Menganalisis dampak strategi penawaran kredit terhadap aset perusahaan pada BPR Anugerahdharma Yuwana Jember Cabang Rambipuji. Dalam penelitian ini, metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus dan penelitian lapangan. Sementara teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian untuk analisis data peneliti menggunakan empat hal diantaranya pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Selain itu, untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Peneliti memperoleh kesimpulan, a) Dalam strategi penawaran kredit yang dilakukan oleh Accounting Officer di PT BPR Anugerahdharma Yuwana Jember Cabang Rambipuji yaitu dengan menggunakan door to door, grebek pasar, menebar brosur, dan ketok tular. Produk kredit yang paling unggul dan banyak di minati oleh nasabah adalah PHA (Pinjaman Angsuran) dan PHT (Pinjaman Tetap), prosedur peminjaman kredit diantaranya : Fotokopi KTP suami/istri, Fotokopi KK, Fotokopi Surat Nikah, Fotokopi Sertifikat TDP/NPWP, BPKP, STNK, KIR. b) Dampak Strategi Penawaran Kredit terhadap Aset Perusahaan pada PT BPR Anugerahdharma Yuwana Jember Cabang Rambipuji yaitu aset yang ada di BPR ADY Jember Cabang Rambipuji terdapat banyak aset diantaranya SDM (Nasabah dan Karyawan), bangunan, alat perkantoran, mesin, kendaraan, dll. Jumlah nasabah yang melakukan kredit di BPR ADY Jember Cabang Rambipuji adalah 542 nasabah, jumlah karyawan yang terdapat di BPR ADY Jember Cabang Rambipuji yaitu14 karyawan, untuk bangunan atau gedung di BPR ADY Jember Cabang Rambipuji kondisinya sangat baik. Kata Kunci: Strategi Penawaran Kredit, Aset Perusahaan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Maulida Agustiningsih
Date Deposited: 15 Apr 2021 01:54
Last Modified: 15 Apr 2021 01:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/1822

Actions (login required)

View Item View Item