ANALISIS YURIDIS TINDAK PIDANA MATCH FIXING DALAM PERTANDINGAN SEPAKBOLA DI INDONESIA

Perpus Uin Khas, Ahmad Fauzen (0003) ANALISIS YURIDIS TINDAK PIDANA MATCH FIXING DALAM PERTANDINGAN SEPAKBOLA DI INDONESIA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq.

[img] Text
Revisi (Kamis 12 Jan) SKRIPSI 1-5 fauzan WTM.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Ahmad Fauzen, 2022: Analisis Yuridis Tindak Pidana Match Fixing Dalam Pertandingan Sepak Bola Di Indonesia.

Kata Kunci : Sepak Bola,Pengaturan skor, tindak pidana suap.
Sepakbola merupakan olahraga yang paling digemari dibandingkan olahraga yang lainya, khusus untuk di Indonesia sepakbola menjadi hiburan masyarakat yang paling banyak mendapatkan antusiasme yang luar biasa dari masyarakat Indonesia. Namun belakangan ini munculnya modus Match Fixing sebagai tindakan pengaturan skor yang kerap mewarnai olahraga sepak bola diberbagai dunia dan salah satunya di Indonesia. pengaturan skor adalah suatu pertandingan yang dilakukan dan didasarkan oleh uang. Tindakan pengaturan skor dianggap menjadi ancaman bagi olahraga terkhusus sepak bola karena menghilangkan sesuatu yang fundamental dalam kompetisi olahraga sepak bola. Tindakan pengaturan skor ini diatur dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 1980 Tentang Tindak Pidana Suap.
Berdasarkan latar belakang diatas maka peneliti mempunyai fokus kaian : 1) Apa makna Match Fixing sebagai tindak pidana suap dalam pertandingan sepak bola di Indonesia? 2) Bagaimana pengaturan Match Fixing sebagai tindak pidana suap dalam sistem hukum di Indonesia? 3) Bagaimana kedepan Match Fixing sebagai tindak pidana suap dalam pertandingan sepak bola di Indonesia?
Penelitian ini mempunyai tujuan untuk memahami makna Match Fixing atau pengaturan skor dalam pertandingan sepak bola di indonesia dan memahami pengaturan Match Fixing sebagai tindak pidana suap dalam sistem hukum di indonesia dan kedepan Match Fixing sebagai tindak pidana suap dalam pertandingan sepak bola di indonesia.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian menggunakan hukum normatif dan Pendekatan perundang-undangan (statute approach) dilakukan dengan menelaah semua peraturan perundang-undangan dan regulasi yang bersangkut paut dengan isu hukum yang sedang ditangani.bahan hukum yang digunakan yakni bahan hukum primer dan sekunder.
1) Pengaturan skor adalah tindakan yang memengaruhi atau mengubah jalannya pertandingan atau kompetisi sepak bola dengan cara apapun untuk mendapatkan keuntungan secara finansial 2) Pengaturan hukum dalam kasus Match Fixing terkait pertandingan sepak bola di Indonesia bisa menggunakan pasal 2 dan pasal 3 UU No 11 tahun 1980 tentang pidana suap meskipun penerapannya masih jauh dari kata efektif sebab banyak ditemui kendala serta kesimpangsiuran regulasi. Hal itu juga diperparah dengan minimnya informasi terkait regulasi tersebut serta anggapan dari aparat hukum bahwa peraturan tersebut hanya dapat digunakan untuk menjerat lembaga swasta sehingga memudahkan mafia-mafia bola yang sifatnya individual untuk meloloskan diri dari perbuatan pengaturan skor 3) PSSI harus mengambil langkah menyeluruh dan strategis guna menanggulangi modus Match Fixing atau pengaturan skor. PSSI harus tegas memberi sanksi kepada pelaku pengaturan skor dengan memperberat sanksi denda dan juga sanksi terhadap badan hukum atau korporasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1602 Criminology > 160299 Criminology not elsewhere classified
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1605 Policy and Administration > 160509 Public Administration
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Man Fauzen Ahmad Fauzen
Date Deposited: 30 Jan 2023 04:36
Last Modified: 30 Jan 2023 04:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18227

Actions (login required)

View Item View Item