Upaya HUMAS Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember Dalam Mempertahankan Reputasi Dan Kepercayaan Masyarakat Melalui Strategi Branding

Hasanah, Wildatul (2023) Upaya HUMAS Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember Dalam Mempertahankan Reputasi Dan Kepercayaan Masyarakat Melalui Strategi Branding. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI WILDATUL HASANAH_D20181068.pdf

Download (10MB)

Abstract

Kata Kunci: HUMAS, Reputasi, Kepercayaan dan Strategi Branding

UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember adalah berbasis Islam Nusantara. Islam Nusantara mempunyai karakter yang dibangun dengan infrastruktur budaya. Islam yang ramah, santun, menyatu dengan budaya sebagai peradaban Indonesia. Mayoritas mahasiswa yang menempuh pendidikan di UIN KHAS Jember adalah
dari kalangan para santri yang notabannya memiliki pengetahuan spiritualitas tinggi yang diwujudkan dengan mempunyai sifat kepribadian sopan dan santun. Tetapi realitanya mahasiswa UIN KHAS Jember minim dalam menerapkan
pengetahuan spiritualitas. Hal ini dilihat dari isu bunuh diri yang di sebabkan karena tidak sanggup dengan tugas kuliah serta kegiatan organisasi. Pengetahuan spiritualitas tentu berhubungan dengan keyakinan kepada tuhan. Fakta bahwa
mahasiswa UIN KHAS Jember kurang mengutamakan ahklak dan adab seperti isu video mahasiswa berjoget lagu 'Ojo Dibandingke' dangdut di bangunan masjid dalam kampus UIN Khas Jember, Jawa Timur.

Fokus Penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana upaya HUMAS UIN KH Achmad Siddiq Jember dalam mempertahankan reputasi dan kepercayaan masyarakat melalui strategi branding? 2) Apa saja faktor penghambat HUMAS UIN
KH Achmad Siddiq Jember dalam mempertahankan reputasi dan kepercayaan masyarakaat melalui strategi branding? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan upaya HUMAS UIN KH Achmad Siddiq Jember dalam mempertahankan reputasi dan kepercayaan masyarakat melalui strategi branding 2) Untuk mendeskripsikan faktor penghambat HUMAS UIN KH Achmad Siddiq Jember dalam mempertahankan reputasi dan kepercayaan masyarakat melalui strategi branding.

Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles and Huberman. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik.

Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Upaya HUMAS UIN Khas Jember dalam mempertahankan reputasi dan kepercayaan masyarakat dengan menggunakan dua tahap branding yaitu pertama, menggunakan branding recognition HUMAS memberikan informasi secara berkala, disini lebih mempermudah khalayak untuk mengakses informasi tentang UIN Khas Jember. Kedua HUMAS menggunakan brand preference dimana HUMAS mengikuti
trend konten. Dengan menggunakan tahap branding ini dapat menarik perhatian masyarakat serta meningkatkan kualitas kampus UIN Khas Jember. 2) Faktor penghambat HUMAS dalam mempertahankan reputasi dan kepercayaan masyarakat terdapat dua hambatan, hambatan orang yaitu terbatasnya jumlah SDM. Hambatan kedua adalah hambatan teknologi berupa minimnya alat sarana dan prasarana yang digunakan oleh HUMAS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ms Wildatul Hasanah
Date Deposited: 30 Jan 2023 04:44
Last Modified: 30 Jan 2023 04:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18228

Actions (login required)

View Item View Item