Implementasi Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak: Studi Kasus Di Desa Sumbersari Kecamatan Srono Kabupaten Banyuwangi Di Masa Pandemi Covid-19

Alfarisi, Salman (2022) Implementasi Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak: Studi Kasus Di Desa Sumbersari Kecamatan Srono Kabupaten Banyuwangi Di Masa Pandemi Covid-19. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
revisi fix edit_020745.pdf

Download (3MB)

Abstract

Salman Alfarisi, 2022: Implementasi Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak: Studi Kasus Di Desa Sumbersari Kecamatan Srono Kabupaten Banyuwangi Di Masa Pandemi Covid-19
Kata Kunci : Implementasi, Undang Undang No.35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan anak
Penelitian ini mengkaji dan merekonstruksi ulang tentang Implementasi Undang Undang No.35 tahun 2014 tentang Perlindungan anak yang di latar belakangi dengan bagaimana upaya melakukan perlindungan terhadap anak khususnya di Desa Sumbersari Kecamatan Srono Kabupaten Banyuwangi khususnya di Masa Pandemi Covid-19. Yang pada intinya Kekerasan pada anak dapat terjadi sebab faktor kultural maupun faktor struktural di masyarakat.
Fokus permasalahan yang diamati ialah: 1) Bagaimana Implementasi Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang perlindungan anak 2) Apakah faktor penghambat dalam mengimplementasikan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang perlindungan anak Di Desa Sumbersari kecamatan Srono kabupaten Banyuwangi? 3)Bagaimana bentuk perlindungan yang di berikan oleh pemerintah terhadap anak di desa Sumbersari kecamatan Srono kabupaten Banyuwangi?
Tujuan penelitian ini yakni 1) Mengetahui Implementasi Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang perlindungan anak 2) Mengetahui hambatan yang di alami selama mengimplementasikan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang perlindungan anak Di Desa Sumbersari kecamatan Srono kabupaten Banyuwangi 3) Mengetahui bentuk perlindungan yang di berikan oleh pemerintah terhadap anak di desa Sumbersari kecamatan Srono kabupaten Banyuwangi.
Jenis penelitian yang dipergunakan ialah metode empiris atau penelitian lapangan (Field Research) Adapun teknik pengumpulan data berupa: observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menganalisis data peneliti Kondensasi data, menyajikan dan menyimpulkan data. Dan keabsahan data dilakukan Triangulasi Sumber dan Triangulasi Metode
Hasil dari pada penelitian adalah 1) Bahwa implementasi Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak belum dapat berjalan secara efektif karena masih adanya tumpang tindih antar peraturan perundang-undangan sektoral terkait dengan definisi Anak. Di sisi lain, maraknya kejahatan terhadap Anak di Masyarakat, salah satunya adalah kejahatan seksual, memerlukan peningkatan komitmen dari Pemerintah, Pemerintah Daerah, dan Masyarakat serta semua pemangku kepentingan yang terkait dengan penyelenggaraan Perlindungan Anak. (2) Bahwa faktor penghambat dalam mengimplementasikan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang perlindungan anak Di Desa Sumbersari kecamatan Srono kabupaten Banyuwangi terdapat 3 hambatan pertama yakni adat/culture yakni terdapat tradisi negatif yang terjadi pada masyarakat, bahwa kekerasan merupakan hal yang wajar. Kedua yakni masyarakat beranggapan bahwa orang tua adalah penguasa atas anak mereka, Ketiga Stakeholder/Penegak hukum yakni masih banyaknya penggunaan hukum adat sebagai acuan kehidupan sehari hari termasuk dalam problematika tentang perlindungan anak. (3). Bentuk Perlindungan yang diterapkan oleh Pemerintah terhadap Anak Di Desa Sumbersari Kecamatan Srono Kabupaten Banyuwangi ialah melalui kerjasama antar Pemerintah dan beberapa pihak lainnya yang dapat disimpulkan masyarakat sekitar melalui beberapa kegiatan sebagai pemberdayaan dan pengembangan anak sedangkan pemerintah sebagai penyedia fasilitas serta yang bertanggung jawab apabila terdapat suatu problematika tentang kekerasan anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180113 Family Law
Divisions: Fakultas Syariah > Ahwal As-Syakhsyiyyah
Depositing User: Mr Salman Alfarisi
Date Deposited: 30 Jan 2023 07:10
Last Modified: 30 Jan 2023 07:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18229

Actions (login required)

View Item View Item