Pelaksanaan Kegiatan Keagamaan Remaja Islamic Center (REMISTER) dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik di Madrasah Aliyah Negeri Lumajang Tahun Pelajaran 2019/2020.

Putri, Dwi Rully Handoyo (2020) Pelaksanaan Kegiatan Keagamaan Remaja Islamic Center (REMISTER) dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik di Madrasah Aliyah Negeri Lumajang Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Jember.

[img] Text
Dwi Rully Handoyo Putri_T20161213.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kata kunci: Kegiatan Ekstrakurikuler, Karakter Peserta Didik Kegiatan ekstrakurikuker merupakan kegiatan pilihan yang diminati peserta didik. Sebagaimana kegiatan ektrakurikuler di MAN Luamjang adalah remaja Islamic Center (REMISTER). Remaja Islamic Center merupakam ektrakurikuler keagamaan guna memakmurkan Islamic Center dengan mengadakan kegiatan keagamaan dan pengkondisian pelaksanaan ibadah yaumiyah. Berpijak dari itulah peneliti melakukan penelitian di MAN Lumajang dengan judul Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan Remjaa Islamic Center dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik di MAN Lumajang Tahun Pelajaran 2019/2020. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan remaja Islamic Center (REMISTER) dalam membentuk karakter religius peserta didik di MAN Lumajang tahun pelajaran 2019/2020. 2) Bagaiamana pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan remaja Islamic Center (REMISTER) dalam membentuk karakter religius peserta didik di MAN Lumajang tahun pelajaran 2019/2020. 3) Apa saja faktor penghambat dan pendukung kegiatan ekstrakurikuler keagamaan remaja Islamic Center (REMISTER) dalam membentuk karakter religius peserta didik di MAN Lumajang tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitian ini penelitian fenomenologi. Lokasi penelitian ini di MAN Lumajang. Penentuan informan menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipasi pasif, wawancara dan dokumenter. Adapun analisis data menggunakan deskriptif kulitatif dengan model interaktif sesuai teori Miles, Huberman, dan Saldana yaitu menganalisis data dengan tiga langkah: Data Kondensasi Data, Penyajian Data, dan Penarikan Kesimpulan/Verifikasi. Sedangkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi tekni Penelitian ini memperoleh hasil: 1) Perencanaan kegiatan ektrakurikuler keagamaan REMISTER yaitu: (a) melakukan perekrutan (b) membuat dan melaksanakan kegiatan keagamaan (c) melakukan evaluasi. 2) Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan REMISTER meliputi: (a) kegiatan harian laskar yaitu penertiban shalat duha, dhuhur dan ashar berjamaah. Mingguan (dana sosial dan Jumat berkah). Tahunan (PKLA, Religi Camp, dan Jaulatul Qolbi). (b). Pelaksanaan penanaman sikap religius dengan membiasakan shalat duha, dhuhur, ashar berjamaah dan melaksanakan kegiatan keagamaan serta memberikan sikap keteladanan dengan berperilaku baik, senyum, salam, sapa, sopan dan santun. 3) Faktor penghambat kegiatan ektrakurikuler keagamaan REMISTER di MAN Lumajang meliputi: (a) segi waktu yang sangat padat, (b) kurangnya kesadaran peserta didik. Sedangkan faktor pendukungnya meliputi: (a) sarana dan prasaran tercukupi, (b) guru antusias dalam mengikuti pelaksaaan kegiatan (c) peserta didik sangat senang mengikuti kegiatan keagamaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Maulida Agustiningsih
Date Deposited: 15 Apr 2021 02:02
Last Modified: 15 Apr 2021 02:02
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/1823

Actions (login required)

View Item View Item