Analisis Penerapan PSAP No 02 Tentang Laporan Realisasi Anggaran Berbasis Kas Terhadap Laporan Keuangan Desa di Desa Condong Kecamatan Gading Kabupaten Probolinggo.

Hikmah, Dewi Man Zilatul (2019) Analisis Penerapan PSAP No 02 Tentang Laporan Realisasi Anggaran Berbasis Kas Terhadap Laporan Keuangan Desa di Desa Condong Kecamatan Gading Kabupaten Probolinggo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Dewi Man Zilatul Hikmah_E20153047.pdf

Download (8MB)

Abstract

Desa Condong Kecamatan Gading Kabupaten Probolinggo termasuk salah satu desa yang pemerintah desanya menerapkan PSAP No 02 tentang Laporan Realisasi Anggaran. Laporan Keuangan yang dihasilkan dari penerapan PSAP dimaksudkan untuk memberi manfaat lebih baik lagi bagi para pemangku kepentingan (stakeholder), untuk para pengguna maupun pemeriksa laporan keuangan pemerintah. Pelaporan keuangan pemerintah seharusnya menyajikan informasi yang bermanfaat bagi para pengguna dalam menilai akuntabilitas dan membuat keputusan, baik keputusan ekonomi, sosial dan politik. Di Desa Condong terdapat laporan keuangan desa yang mana laporan keuangan desa ini sendiri menyediakan informasi seputar keuangan desa. Laporan keuangan desa di Desa Condong Kecamatan Gading Kabupaten Probolinggo sesuai dengan azas pengelolaan keuangan desa, yaitu yang transparan, akuntabel, partisipatif, dan tertib. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : (1) Bagaimanakah laporan keuangan desa di Desa Condong Kecamatan Gading Kabupaten Probolinggo ? (2) Apakah laporan keuangan desa di Desa Condong Kecamatan Gading Kabupaten Probolinggo sudah sesuai dengan PSAP No 02 ? Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian menggunakan kualitatif deskriptif. Penentuan subyek penelitian menggunakan sumber data sekunder dan primer. Sedangkan metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif. Metode keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu: (1) Laporan keuangan desa yang ada di Desa Condong Kecamatan Gading Kabupaten Probolinggo sudah memenuhi sesuai dengan azas pengelolaan keuangan desa, dimana dalam azas laporan keuangan desa disana ada transparan, akuntabel, partisipatif dan tertib serta disiplin. Menurut Kepala Desa Condong sendiri, laporan keuangan itu memang sudah sewajarnya masyarakat mengetahui, supaya masyarakat juga mengerti bagaimana alur dari pendapatan desa itu digunakan. (2)Penerapan PSAP No 02 tentang Laporan Realisasi Anggaran di Desa Condong Kecamatan Gading Kabupaten Probolinggo adalah sudah menerapkan meskipun ada item atau transaksi yang belum ada. Akan tetapi unsur dari PSAP No 02 itu sendiri sudah ada didalamnya, yaitu : Pendapatan-LRA, Belanja, Transfer, Surplus/defisit, Pembiayaan, Silpa. Kata kunci : PSAP No 02, Keuangan Desa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 30 Jan 2023 02:03
Last Modified: 30 Jan 2023 02:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18231

Actions (login required)

View Item View Item