Peran Kepala Madrasah dalam Peningkatan Kompetensi Profesionalisme Guru Melalui Soometri di MTsN 4 Jember

Hadiana, Dina Ilma (2019) Peran Kepala Madrasah dalam Peningkatan Kompetensi Profesionalisme Guru Melalui Soometri di MTsN 4 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Dina Ilma Hadiana_T20153083.pdf

Download (4MB)

Abstract

Peran kepala madrasah dalam peningkatan kompetensi profesionalisme guru di MTsN 4 jember ini dilakukan melalui sosiometri yakni cara yang dilakukan kepala sekolah untuk mengetahui kritik saran dari siswa mengenai pembelajaran selama di dalam kelas yang tujuannya untuk meningkatkan kompetensi profesionalisme guru dalam melaksanakan kewajibannya. Fokus penelitian yang dalam penelitian ini ialah meliputi: 1)Bagaimana peran kepala madrasah sebagai manajer dalam meningkatkan kompetensi profesionalisme guru melalui sosiometri di MTsN 4 Jember Tahun ajaran 2018/2019 2)Bagaimana peran kepala madrasah sebagai inovator dalam meningkatkan kompetensi profesionalisme guru melalui sosiometri di MTsN 4 Jember Tahun ajaran 2018/2019 3)Bagaimana peran kepala madrasah sebagai leader dalam meningkatkan kompetensi profesionalisme guru melalui sosiometri di MTsN 4 Jember Tahun ajaran 2018/2019 Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran kepala madrasah sebagai manajer, inovator, leader dalam peningkatan kompetensi profesionalisme guru melalui sosiometri di MTsN 4 Jember. Untuk mengidentifikasi fokus masalah tersebut, maka pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif, pendekatannya menggunakan jenis study kasus. Sesuai dengan jenis penelitian tersebut pengumpulan data menggunakan Observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisisnya menggunakan analisis Miles And Huberman, Penentuan subjek penelitian menggukan Purposive sampling, sedangkan untuk pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitiannya adalah: 1) peran kepala madrasah dalam peningkatan kompetensi profesionalisme guru di madrasah dilakukan dengan bekerja sama dengan seluruh pihak guru untuk meningkatkan kualitas nya melalui sarana yang sudah di persiapkan oleh kepala madrasah dengan mengadakan rapat setiap 2 minggu sekali untuk mengevaluasi hasil sosiometri 2) pelaksanaan sosiometri ini dilakukan setiap 1 semester untuk mengetahui kritik saran dari siswa yang nantinya dapat dijadikan bahan untuk perbaikan 3)tindak lanjut dari sosiometri ini yaitu mengikutsertakan guru untuk mengikuti kegiatan yang menunjang pembelajaran menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 07 AGRICULTURAL AND VETERINARY SCIENCES > 0703 Crop and Pasture Production > 070305 Crop and Pasture Improvement (Selection and Breeding)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 30 Jan 2023 02:35
Last Modified: 30 Jan 2023 02:35
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18237

Actions (login required)

View Item View Item