Analisis Pengaruh Kepemilikan Manajerial dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kinerja Perusahaan (Studi Kasus pada perusahaan Perbankan yang terdaftar di BEI)

Nurdiana, Dya Dewi (2019) Analisis Pengaruh Kepemilikan Manajerial dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kinerja Perusahaan (Studi Kasus pada perusahaan Perbankan yang terdaftar di BEI). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Dya Dewi Nurdiana_E20153011.pdf

Download (15MB)

Abstract

Kepemilikan manajerial merupakan kepemilikan saham yang dimiliki oleh pihak manajerial dari jumlah lembar saham yang beredar. presentasinya dapat diukur dari pemegang saham, sehingga pihak manajemen terlibat dalam pengambilan keputusan. Ukuran perusahaan mencerminkan tinggi rendahnya aktifitas operasi suatu perusahaan. Semakin besar ukuran perusahaan maka semakin besar aktivitas operasi perusahaan dan kemampuan perusahaan dalam menghasilkan profitabilitas. Kinerja perusahaan menunjukkan bahwa ukuran perusahaan adalah suatu skala dimana dapat diklasifikasikan besar kecilnya perusahaan menurut berbagai cara, salah satunya total aset. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Apakah terdapat pengaruh Kepemilikan Manajerial secara parsial terhadap kinerja perusahaan di perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI?. 2) Apakah terdapat pengaruh Ukuran Perusahaan secara parsial terhadap kinerja perusahaan diperusahaan perbankan yang terdaftar di BEI? 3) Apakah terdapat pengaruh Kepemilikan Manajerial dan Ukuran Perusahaan secara simultan terhadap kinerja perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI?. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk menguji pengaruh siginifikasi Kepemilikan Manajerial terhadap Kinerja Perusahaan di Perusahaan Perbankan yang terdaftar di BEI. 2) Untuk menguji pengaruh siginifikasi ukuran perusahaan terhadap Kinerja Perusahaan di Perusahaan Perbankan yang terdaftar di BEI.3) Untuk menguji pengaruh Kepemilikan Manajerial dan Ukuran Perusahaan, secara simultan terhadap Kinerja Perusahaan di Perusahaan Perbankan yang terdaftar di BEI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan Teknik analisa yang di gunakan ialah regresi linear berganda yaitu untuk mengetahui pengaruh variable terikat (Kinerja keuangan) dan dua variabel bebas (Kepemilikan manajerial dan ukuran perusahaan ) dengan memperhatikan empat hal yaitu uji asumsi klasik,uji hipotesis, regresi linear berganda, dan koefiesien determinasi (R2 ). Uji asumsi klasik yang digunakan antara lain : Uji Normalitas, Uji multikolinieritas,Uji Heteroskedastisitas dan Uji autokolerasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa untuk pengaruh Kepemilikan manajerial secara parsial sebesar 0,800 > 0,05 dan nilai t hitung 0,254 < 2,007, sehingga dapat disimpulkan bahwa Hipotesis yang menyatakan ada pengaruh namun tidak signifikan kepemilikan manajerial terhadap kinerja perusahaan tidak terbukti/ di tolak. Dan untuk Ukuran Perusahaan adalah sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung 6,684 > 2,007 sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan ada pengaruh signifikan ukuran perusahaan terhadap kinerja perusahaan terbukti/ diterima. Dan hasil pengujian secara simultan adalah sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai F hitung 27,952 > F tabel 3,172, sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh kepemilikan manajerial dan ukuran perusahaan dan kinerja perusahaan diterima. Kata Kunci : Kepemilikan Manajerial, Ukuran Perusahaan, Kinerja Perusahaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services > 159999 Commerce, Management, Tourism and Services not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 30 Jan 2023 03:39
Last Modified: 30 Jan 2023 03:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18242

Actions (login required)

View Item View Item