Implementasi Pelayanan Pembaca (Readers Service) dalam Meningkatkan Minat Baca Pengguna Perpustakaan (Pemustaka) di Perpustakaan Umum Daerah Jember.

Sutrisno, Edy (2015) Implementasi Pelayanan Pembaca (Readers Service) dalam Meningkatkan Minat Baca Pengguna Perpustakaan (Pemustaka) di Perpustakaan Umum Daerah Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Edy Sutrisno_084113092.pdf

Download (1MB)

Abstract

Informasi merupakan bagian yang sangat penting bagi kehidupan manusia, dengan informasi seseorang dapat mengetahui apa yang telah, sedang, dan akan terjadi. Salah satu unit yang menyediakan serta menjadi pusat pelayanan informasi adalah perpustakaan. Oleh karena itu perpustakaan berkewajiban untuk memberikan layanan yang terbaik bagi seluruh lapisan masyarakat, karena memang tujuan dibentuknya perpustakaan adalah untuk melayani kebutuhan informasi penggunanya. Maka dari itu, pelayanan perpustakaan harus berkualitas karena kegiatan pelayanan merupakan ujung tombak dari kegiatan yang dilaksanakan dalam sebuah pusat dokumentasi dalam menyuarakan budaya membaca. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana implementasi layanan referensi dalam meningkatkan minat baca pemustaka di Perpustakaan Umum Daerah Jember? 2) Bagaimana implementasi layanan sirkulasi dalam meningkatkan minat baca pemustaka? 3) Bagaimana implementasi layanan ruang baca dalam meningkatkan minat baca pemustaka? 4) Bagaimana implementasi layanan koleksi dalam meningkatkan minat baca pemustaka?. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan implementasi layanan referensi dalam meningkatkan minat baca pemustaka, 2) Mendeskripsikan implementasi layanan sirkulasi, 3) Mendeskripsikan implementasi pelayanan ruang baca, 4) mendeskripsikan implementasi layanan koleksi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi berperanserta (participant observation), wawancara mendalam (indepth interview) dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan model Miles and Huberman. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan antara lain: 1) Implementasi layanan referensi di Perpustakaan Umum Daerah Jember terdiri dari layanan informasi dan bimbingan pemakai serta mengadakan program writing class; 2) Implementasi layanan sirkulasi meliputi peminjaman, pengembalian, dan pendaftaran anggota baru yang di dukung melalui sistem reward; 3) Implementasi layanan ruang baca sudah memenuhi standarisasi perpustakaan umum; 4) Implementasi layanan koleksi sudah sesuai dengan standarisasi koleksi perpustakaan umum disamping itu juga menyelenggarakan sistem paket dan pameran serta bazar buku.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0807 Library and Information Studies > 080799 Library and Information Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 30 Jan 2023 04:33
Last Modified: 30 Jan 2023 04:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18244

Actions (login required)

View Item View Item