Internalisasi Akhlak Menggunakan Model Tadzkirah di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019.

Fitri, Elmi Annisa Fitri (2019) Internalisasi Akhlak Menggunakan Model Tadzkirah di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Elmi Annisa Fitri_T20154025.pdf

Download (5MB)

Abstract

Dunia pendidikan memiliki peran yang sangat penting dalam upaya pembentukan akhlak siswa. Selain ditugaskan untuk pengembangan kemampuan intelektual, guru juga memiliki tugas penting untuk memberikan bimbingan dan arahan kepada siswa untuk berbuat, bertindak, dan berperilaku sesuai dengan norma dan nilai yang berlaku dalam masyarakat. Norma dan nilai yang ditanamkan kepada siswa berupa pengembangan akhlak siswa. Seperti halnya yang dilakukan guru dalam menanamkan akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember dengan cara memberikan peringatan secara langsung kepada siswa untuk memperbaiki perilakunya. Salah satu contoh kecilnya yaitu pembiasaan mengucapkan salam dan bersalaman kepada orang tua saat berangkat dan pulang sekolah dengan tujuan agar anak terbiasa menghormati orang yang lebih tua dan memiliki akhlak melalui pemberian keteladanan dan nasihat pada saat pembelajaran atau setelah shalat dhuha dan shalat dhuhur berjama’ah. Fokus yang menjadi kajian penelitian ini yaitu, 1) Bagaimana pelaksanaan internalisasi akhlak menggunakan model tadzkirah di MIN 3 Jember tahun pelajaran 2018/2019?; 2) Bagaimana hambatan internalisasi akhlak menggunakan model tadzkirah di MIN 3 Jember tahun pelajaran 2018/2019?; 3) Bagaimana hasil internalisasi akhlak menggunakan model tadzkirah di MIN 3 Jember tahun pelajaran 2018/2019?. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field risearch) studi kasus siswa kelas IV dan V MIN 3 Jember. Subjek penelitian yang digunakan adalah purposive sampling dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi pasif partisipan, wawancara bebas terpimpin, dan dokumentasi. Analisis menggunakan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini, 1) Pelaksanaan internalisasi akhlak menggunakan model tadzkirah di MIN 3 Jember tahun pelajaran 2018/2019 yaitu dengan cara menyisipkan materi akhlak dalam setiap mata pelajaran, memberikan tausiah setiap selesai sholat dhuha dan shalat dhuhur, siswa yang melakukan pelanggaran dinasihati, dicatat dalam buju jurnal kelas atau ditindak lanjuti oleh Waka Kesiswaan dengan melihat kasus yang diperbuat; 2) Hambatan internalisasi akhlak menggunakan model tadzkirah di MIN 3 Jember tahun pelajaran 2018/2019 meliputi faktor lingkungan dan teman bermain; 3) Hasil internalisasi karakter kesopanan menggunakan model tadzkirah di MIN 3 Jember tahun pelajaran 2018/2019 menunjukkan adanya perubahan positif, karena siswa yang memiliki kasus lebih sedikit daripada siswa yang tidak memiliki catatan kasus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 09 ENGINEERING > 0915 Interdisciplinary Engineering > 091599 Interdisciplinary Engineering not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 30 Jan 2023 04:34
Last Modified: 30 Jan 2023 04:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18245

Actions (login required)

View Item View Item