Implementasi Metode Mind Mapping dalam melatih daya ingat siswa mata pelajaran fikih kelas vii di SMP plus Raudlatul muqorrobin kalisat jember

Taman, Muhammad Badrut (2022) Implementasi Metode Mind Mapping dalam melatih daya ingat siswa mata pelajaran fikih kelas vii di SMP plus Raudlatul muqorrobin kalisat jember. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
BADRUT TAMAN_T20181419.pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK
Muhammad Badrut Taman, 2022, Implementasi metode Mind Mapping Dalam
Melatih Daya Ingat Siswa Mata Pelajaran Fikih Kelas VII di SMP Plus
Raudhatul Muqorrobin Kalisat Jember .
Kata Kunci : Metode Mind Mapping, Daya Ingat, Fikih
Penggunaan metode sangat penting dalam pembelajaran yang sesuai
dengan materi, mind mapping merupakan salah satu penanganan atau solusi dari
kurangnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran.
Fokus penelitian ini yaitu, (1) Bagaimanakah perencanaan metode mind
mapping dalam melatih daya ingat siswa mata pelajaran fikih kelas VII di SMP
Plus Raudlatul Muqorrobin Kalisat Jember?. (2) Bagaimanakah implementasi
metode mind mapping dalam melatih daya ingat siswa mata pelajaran fikih kelas
VII di SMP Plus Raudlatul Muqorrobin Kalisat Jember?. (3) Bagaimanakah
evaluasi metode mind mapping dalam Melatih daya ingat siswa mata pelajaran
fikih kelas VII di SMP Plus Raudlatul Muqorrobin Kalisat Jember?.
Tujuan penelitian ini yaitu, (1) Untuk mengetahui perencanaan metode
mind mapping dalam Melatih daya ingat siswa mata pelajaran fikih kelas VII di
SMP Plus Raudlatul Muqorrobin Kalisat Jember. (2) Untuk mengetahui
implementasi metode mind mapping dalam melatih daya ingat siswa mata
pelajaran fikih kelas VII di SMP Plus Raudlatul Muqorrobin Kalisat Jember . (3)
Untuk mengetahui evaluasi metode mind mapping dalam melatih daya ingat siswa
mata pelajaran fikih kelas VII di SMP Plus Raudlatul Muqorrobin Kalisat Jember
Tahun Pelajaran 2022/2023.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, menggunakan
teknik pengumpulan data: Observasi, wawancara, dokumentasi. Pengujian
keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan trianggulasi sumber dan
triangulasi teknik. Dan analisis data menggunakan model Miles dan Huberman
yaitu: kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan.
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa (1) Pada rencana pembelajaran yaitu
membuat RPP serta menyiapkan media alat pembuatan mind mapping. (2) Pada
tahap implementasi mind mapping di awali guru memberikan salam kemudian
guru memotivasi peserta didik, mengingatkan materi pelajaran sebelumnya dan
yang akan dipelajari. Kegiatan inti berisi tentang penyampaian materi dengan
metode mind mapping yang dibahas dalam kegiatan 5M. Kegiatan penutup
dengan cara guru merefleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan,
kemudian guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan
berikutnya dan menyampaikan tugas, guru memberi penguatan dan motivasi
kepada peserta didik kemudian dilanjutkan berdo’a dan salam. (3) Pada tahap
Evaluasi metode pembelajaran mind mapping pada mata pelajaran fikih dalam
kurikulum 2013 di SMP Plus Raudlatul Muqorrobin Kalisat Jember terdapat 3
aspek yang dinilai, yaitu: penilaian sikap, penilaian pengetahuan dan penilaian
keterampilan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130312 Special Education and Disability
19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1904 Performing Arts and Creative Writing > 190402 Creative Writing (incl. Playwriting)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Badrut Taman Badrut
Date Deposited: 31 Jan 2023 02:48
Last Modified: 31 Jan 2023 02:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18254

Actions (login required)

View Item View Item