Pengelolaan Program Praktik Kerja Lapangan dalam Meningkatkan Kompetensi Sosial Pada Peserta Didik di Madrasah Aliyah Ash-Shiddiqi Putri Jembe

Rahmah, Erline Rofiatur (2019) Pengelolaan Program Praktik Kerja Lapangan dalam Meningkatkan Kompetensi Sosial Pada Peserta Didik di Madrasah Aliyah Ash-Shiddiqi Putri Jembe. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Erline Rofiatur Rahmah_084143062.pdf

Download (44MB)

Abstract

Madrasah Aliyah Ash-Shiddiqi Putri (ASHRI) Jember merupakan lembaga pendidikan yang berciri khas Islam yaitu dengan kultur budaya pesantren. MA ASHRI Jember melatih peserta didiknya agar mengembangkan bakat dan minat dalam aspek sosial untuk mempersiapkan diri bermasyarakat. Hal itu dapat dilihat dari program Praktik Kerja Lapangan (PKL) yang bertujuan untuk meningakatkan kompetensi peserta didik bermasyarakat. Dalam skripsi ini yang menjadi fokus penelitian, adalah (1) Bagaimana perencanaan pengelolaan program PKL dalam meningkatkan kompetensi bermasyarakat pada peserta didik di MA ASHRI Jember?, (2) Bagaimana pelaksanaan pengelolaan program PKL dalam meningkatkan kompetensi bermasyarakat pada peserta didik di MA ASHRI Jember?, (3) Bagaimana evaluasi pengelolaan program PKL dalam meningkatkan kompetensi bermasyarakat peserta didik di MA ASHRI Jember?. Adapun tujuan penelitian untuk mendeskripsikan (1) Perencanaan pengelolaan program PKL dalam meningkatkan kompetensi bermasyarakat pada peserta didik di MA ASHRI Jember, (2) Pelaksanaan pengelolaan program PKL dalam meningkatkan kompetensi bermasyarakat pada peserta didik di MA ASHRI Jember, dan (3) Evaluasi pengelolaan program PKL dalam meningkatkan kompetensi bermasyarakat peserta didik di MA ASHRI Jember. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan rancangan penelitian studi kasus. Penelitian ini menggunakan observasi nonpartisipan, wawancara semiterstuktur, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Data dianalisis menggunakan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan model Milles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Sedangkan keabsahan data menggunakan dari triangulasi teknik dan sumber. Berdasarkan hasil temuan penelitian, dapat disimpulkan bahwa program PKL dalam meningkatkan kompetensi bermasyarakat pada peserta didik di MA ASHRI Jember berupa praktik mengajar, praktik keterampilan dan praktik sosial. Perencanaan program PKL dalam meningkatkan kompetensi bermasyrakat pada peserta didik yaitu menggunakan perumusan visi, misi, tujuan madrasah dan perumusan rencana kerja madrasah meliputi penentukan potensi dan kemampuan peserta didik, pengarahan sumber, merancang strategi praktik dan merancang strategi penilaian. Pelaksanaan PKL menggunakan pedoman madrasah, struktur organisasi madrasah, dan implementasi kegiatan madrasah. Setiap kegiatan dalam program PKL mempunyai pembimbing masing-masing. Evaluasi dapat dilihat dari tiga komponen yaitu evaluasi proses dan output, yang dilakukan secara berkala dan evaluasi outcome menggunakan cara melihat perkembangan alumni apakah mampu melanjutkan studi sesuai dengan yang diharapkan, diterima bekerja sesuai dengan yang diharapkan atau mampu bermanfaat dimasyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160701 Clinical Social Work Practice
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 31 Jan 2023 01:11
Last Modified: 31 Jan 2023 01:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18257

Actions (login required)

View Item View Item