Rahmah, Evita Eli (2018) Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di SMK Nurul Mannan Sukogidri Ledokombo Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Evita Eli Rahmah_084 143 060.pdf Download (4MB) |
Abstract
Sekolah Menengah Kejuruan Nurul Mannan Sukogidri Ledokombo Jember merupakan lembaga pendidikan yang menerapkan pendidikan karakter karna sangat penting demi tercapainya pendidikan nasional, baik di dalam pembelajaran maupun di luar jam pelajaran yang bertujuan untuk mengembangkan potensi dan membentuk watak, sikap, dan kepribadian peserta didik. Kepala sekolah, tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan berupaya untuk merealisasikan dan mengembangkan nilai-nilai pendidikan karakter yang semestinya sudah tertanam pada diri peserta didik dan membina peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler selalu diusahakan secara optimal tujuannya untuk mengembangkan bakat, minat dan potensi peserta didik. Dan disinilah sekolah memberikan fasilitas, pembinaan, pelatihan, dan pembiasaan pada peserta didik yang nantinya akan membentuk karakter atau watak pada peserta didik itu sendiri khususnya pada nilai kejujuran, nilai tanggung jawab, serta nilai disiplin Berdasarkan latar belakang tersebut, fokus penelitiannya: 1)Bagaimana penerapan nilai kejujuran melalui kegiatan ekstrakurikuler di SMK Nurul Mannan Sukogidri Ledokombo Jember?, 2)Bagaimana menumbuhkan nilai tanggung jawab melalui kegiatan ektrakurikuler di SMK Nurul Mannan Sukogidri Ledokombo Jember?, 3)Bagaimana menanamkan nilai disiplin melalui ekstrakurikuler di SMK Nurul Mannan Sukogidri Ledokombo Jember? Tujuan penelitian adalah: 1)Mendeskripsikan penerapan nilai kejujuran melalui kegiatan ekstrakurikuler di SMK Nurul Mannan Sukogidri Ledokombo Jember, 2)Mendeskripsikan penumbuhkan nilai tanggung jawab melalui kegiatan ektrakurikuler di SMK Nurul Mannan Sukogidri Ledokombo Jember, 3)Mendeskripsikan penanaman nilai disiplin melalui ekstrakurikuler di SMK Nurul Mannan Sukogidri Ledokombo Jember. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data yaitu observasi partisipan pasif, wawancara bebas terpimpin dan dokumentasi. Data analisis menggunakan tekhnik reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan tehnik. Hasil penelitian dari penelitian yang saya lakukan sesuai dengan fokus penelitian dan metode penelitian yang digunakan, adalah: 1. Penerapan nilai kejujuran melalui kegiatan ekstrakurikuler yakni penerapan nilai kejujuran melalui kegiatan ekstrakurikuler di SMK Nurul Mannan yaitu dengan mewujudkan prilaku yang membuat peserta didik dapat dipertanggung jawabkan ucapan dan tindakannya, dengan diadakannya berbagai ekstrakurikuler dan aturan-aturan yang diberlakukan oleh sekolah serta setiap kegiatan esktrakurikuler sehingga membuat siswa tersebut taat dan jujur mengikutinya, dengan kegiatan tersebut membuat siswa menerapkan nilai kejujuran yang mana perkataan dan perbuatannya dapat dipertanggung jawabkan ketika berlangsungnya kegiatan hingga evaluasi. 2. Penumbuhan nilai tanggung jawab melalui kegiatan ekstrakurikuler di SMK Nurul Mannan, yaitu dengan mewujudkan prilaku yang ABSTRAK digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id ix membuat peserta didik dapat melaksanakan tugas yang diamanahkan oleh sekolah dengan baik, hal tersebut ditumbuhkan melalui memberikan kepercayaan kepada peserta didik untuk melaksanakan tugasnya dengan baik serta memberikan peserta didik memberikan ide-idenya untuk membuat kegiatan tersebut lebih bervariasi dengan bisa dipertanggung jawabkan dan menerima konsekuensinya hal tersebut dirangcang ketika diadakannya rapat serta evaluasi pada kegiatan ekstrakurikuler. 3. Penanaman nilai disiplin melalui kegiatan ekstrakurikuler di SMK Nurul Mannan Sukogidrih Ledokombo Jember yaitu dengan membiasakan prilaku yang tertib terhadap aturan-aturan yang diberlakukan oleh sekolah sehingga membuat peserta didik sadar akan kewajibannya melakukan kegiatan tersebut dengan penuh kerelaan bukan karna paksaan. Hal itu membuat peserta didik menyadari bahwa disiplin itu sangat penting melaksanakan kegiatan ekstrskurikuler khususnya melaksanakan kegiatan sehari-hari.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 31 Jan 2023 01:11 |
Last Modified: | 31 Jan 2023 01:11 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18258 |
Actions (login required)
View Item |