Implementasi Nilai-Nilai Pluralisme Agama Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Arjasa Tahun 2018/2019

Ach., Subairi (2019) Implementasi Nilai-Nilai Pluralisme Agama Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Arjasa Tahun 2018/2019. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Jember.

[img] Text
Ach. Subairi_084141232.pdf

Download (11MB)

Abstract

Pluralisme adalah keadaan masyarakat yang majemuk (bersangkutan dengan sosial dan politik). Pluralisme merupakan pengakuan atas perbedaan, dan perbedaan itu sesungguhnya sunatullah dan merupakan sesuatu yang nyata serta tidak bisa di pungkiri. Penolakan terhadap pluralisme yang sunatullah itu menimbulkan ketegangan dan bahkan konflik, sedangkangkan , Agama adalah ajaran, sistem yang mengatur tata keimanan (kepercayaan) dan peribadatan kepada tuhan yang maha kuasa serta tata kaidah yang berhubungan dengan pergaulan manusia dan manusia serta lingkungan. Fokus penelitian ini adalah 1). Bagaimana Implementasi Nilai-Nilai Pluralisme Agama Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Arjasa Tahun 2018/2019? 2). Bagaimana tantangan Implementasi Nilai-Nilai Pluralisme Agama Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Arjasa Tahun 2018/2019? Tujuan penelitian adalah: 1). Mendeskripsikan Implementasi Nilai-Nilai Pluralisme Agama Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Arjasa Tahun 2018/2019. 2). Mendeskripsikan tantangan Implementasi Nilai-Nilai Pluralisme Agama Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Arjasa Tahun 2018/2019. Pendekatan yang digunakan dalam peneliti ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penentuan subyek menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, wawancara, dan Dokumentasi. Analisis data menggunakan model intraktif model Milles dan Huberman yang terdiri dari penggumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini adalah 1.Kepala sekolah, guru siswa adalah unsur yang saling berhubungan satu sama lainya, SMAN 1arajsa menerapkan dan memberikan penjelasan akan sebuah nilai-nilai (keadilan tidak saling pilih kasih, tidak diskriminatif ,Menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban. Menghormati hakhak orang lain, keadilan dalam hubungannya manusia dengan dirinya sendiri,keadilan hubungan manusia dengan Tuhannya), nilai saling menghotmati pengakuan terhadap eksistensi agama lain, Nilai kasih sayang, menghindari kekerasan dan memelihara tempat-tempat beribadah umat beragama lain, pemersatu perbedaan, Menjadi pribadi yang berkarakter positif,, Membawa ketenangan dalam hidup, Nilai Kedamaian ,Nilai kebebasan dan tidak memaksakan kehendak kepada penganut agama lain), nilai Kebebasan Internal, Kebebasan Eksternal, Tidak ada Paksaan, Tidak Diskriminatif, Hak dari Orang Tua dan Wali, Kebebasan Lembaga dan Status Legal, Pembatasan yang dijinkan pada Kebebasan Eksternal, Non-Derogability)2). Tantangan paling mendasar dalam kehidupan berbanggsa dan beragama di indonesia khususunya di sekolah di SMAN 1arjasa di sini banyak sebagian siswa dan wali siswa masih tidak paham apa konsep pluraslime agama dan banyak yang fanatisme dan Eksklusivisme (memisahkan diri) dengan banyak perbedaan baik agama ras, budaya ,suku dan juga siswa tidak paham akan sebuah imlementasi dan nilai-nilai dari pluralisme agama itu sendiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Maulida Agustiningsih
Date Deposited: 16 Apr 2021 02:08
Last Modified: 16 Apr 2021 02:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/1827

Actions (login required)

View Item View Item