Manajemen sumber daya pendidik dalam meningkatkan kinerja guru di Sekolah Menengah Pertama Islam An-Nur Rambipuji Jember

Shodiq, Saifan (2023) Manajemen sumber daya pendidik dalam meningkatkan kinerja guru di Sekolah Menengah Pertama Islam An-Nur Rambipuji Jember. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Saifan Shodiq_203206010030.pdf

Download (8MB)

Abstract

Pendidik sebagai salah satu unsur dalam pendidikan memiliki peran yang sangat penting dalam ketercapaian tujuan pendidikan. Pendidikan yang berkualitas berasal dari pendidik yang berkualitas pula. Guna membentuk pendidik yang berkualitas, dibutuhkan serangkaian kegiatan manajerial yang efektif dan efisien. Dengan begitu, kebutuhan lembaga akan pendidik yang berkualitas akan terpenuhi.

Fokus pembahasan pada penelitian ini yaitu 1) Bagaimana perencanaan sumber daya pendidik dalam meningkatkan kinerja guru di Sekolah Menengah Pertama Islam An-Nur Rambipuji Jember. 2) Bagaimana rekrutmen dan seleksi sumber daya pendidik dalam meningkatkan kinerja guru di Sekolah Menengah Pertama Islam An-Nur Rambipuji Jember. 3) Bagaimana pelatihan dan pengambangan sumber daya pendidik dalam meningkatkan kinerja guru di Sekolah Menengah Pertama Islam An-Nur Rambipuji Jember. 4) Bagaimana penilaian kinerja sumber daya pendidik dalam meningkatkan kinerja guru di Sekolah Menengah Pertama Islam An-Nur Rambipuji Jember.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik untuk menentukan subyek penelitian adalah teknik purposive. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan model interaktif Miles, Huberman, dan Saldana. Selanjutnya, data diuji keabsahannya menggunakan triangulasi teknik, triangulasi sumber, dan member check.

Hasil penelitian: 1) Perencanaan sumber daya pendidik dalam meningkatkan kinerja guru meliputi: a) Sekolah melaksanakan analisis beban mengajar, b) Sekolah melakukan analisis kebutuhan guru. 2) Rekrutmen dan Seleksi sumber daya pendidik dalam meningkatkan kinerja guru meliputi: a) Sekolah membentuk panitia rekrutmen dan seleksi, b) Panita rekrutmendan seleksi melakukan analisis pekerjaan, c) Panitia menentukan sumber rekrutmen, d) Penyebaran informasi lowongan pekerjaan melalui beberapa media, e) Seleksi dilaksanakan dengan cara seleksi administrasi dan wawancara. 3) Pengembangan dan pelatihan sumber daya pendidik dalam meningkatkan kinerja guru meliputi: a) Guru mengikuti musyawarah guru mata pelajaran (MGMP), b) Guru mengikuti seminar dan workshop, c) Guru mengikuti pelatihan (training) baik dilaksanakan oleh pihak internal maupun pihak eksternal. 4) Penilaian kinerja sumber daya pendidik dalam meningkatkan kinerja guru meliputi: a) Kepala sekolah dan jajarannya menilai kehadiran guru, b) Kepala sekolah dan jajarannya menilai pembelajaran yang dilakukan oleh guru, c) Kepala sekolah dan jajarannya menilai ketercapaian quality assurance masing-masing mata pelajaran, d) Kepala sekolah dan jajarannya mengevaluasi tugas tambahan yang diberikan kepada guru.

Kata Kunci: Manajemen Sumber Daya Pendidik, Kinerja Guru

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam
Depositing User: Saifan Shodiq
Date Deposited: 02 Feb 2023 01:51
Last Modified: 02 Feb 2023 01:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18271

Actions (login required)

View Item View Item