Penilaian Kinerja Guru oleh Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru di MTs ”Unggulan” Al Qodiri 1 Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2019 / 2020.

Warda, Faikatul (2020) Penilaian Kinerja Guru oleh Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru di MTs ”Unggulan” Al Qodiri 1 Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2019 / 2020. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Faikatul Warda _084 911 7011.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci : Penilaian Kinerja Guru, Kepala Madrasah, Peningkatan Kompetensi Guru. Guru yang kompeten adalah guru profesional yang mampu berpartisipasi dalam pembangunan nasional untuk mewujudkan insan Indonesia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, unggul dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, memiliki jiwa berbudi pekerti luhur, dan berkepribadian. Profesionalitas guru perlu dikembangkan dan ditingkatkan secara terus menerus dan proporsional maka diperlukan evaluasi untuk mengukur kinerja guru melalui Penilaian Kinerja Guru. Hal-hal yang mendasari Penilaian Kinerja Guru dalam meningkatkan kompetensi guru di MTs ”Unggulan” Al Qodiri 1 Patrang ialah adanya program agama dan program umum serta adanya program AIESEC. Fokus penelitian ini ialah Bagaimana Performance Standart, kriteria manajemen kinerja dan pengukuran kinerja dalam penilaian kinerja guru di MTs “Unggulan”Al Qodiri I Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Tujuan penelitiannya yaitu untuk mendeskripsikan performance standart, kriteria manajemen kinerja dan pengukuran kinerja dalam penilaian kinerja guru di MTs “Unggulan” Al Qodiri I Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2019/2020 Landasan teori yang digunakan adalah teori Werther & Davis (1996) yaitu elemen-elemen utama dalam sistem penilaian kinerja yaitu performance standart, kriteria manajemen kinerja (Criteria for Managerial Performance), pengukuran kinerja (performance measures). Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptis analisis dan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode observasi dilakukan dengan pengamatan dan pencatatan, interview dilakukan wawancara dengan informan dan metode dokumentasi dilakukan terhadap benda yang didokumentasikan. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data Miles dan Huberman, kemudian untuk memperoleh keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitiannya yaitu (a) performance standart terdiri dari validity, agreement, realism, objectivity, (b) Criteria for Managerial Performance terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, refleksi/diskusi, (c) performance measures terdiri dari pendekatan, implementasi dan hasil.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0502 Environmental Science and management > 050205 Environmental Management
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 31 Jan 2023 02:36
Last Modified: 31 Jan 2023 02:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18272

Actions (login required)

View Item View Item