Penerapan Program Manasik Haji dalam Pembentukan Karakter Siswa di Madrasah Ibtidaiyah At-Taqwa Kabupaten Bondowoso Tahun Pelajaran 2016/2017

Rizky, Fatha Ainun (2017) Penerapan Program Manasik Haji dalam Pembentukan Karakter Siswa di Madrasah Ibtidaiyah At-Taqwa Kabupaten Bondowoso Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Fatha Ainun Rizky_084134011.pdf

Download (5MB)

Abstract

Madrasah Ibtidaiyah At-taqwa Bondowoso merupakan lembaga swasta yang melaksanakan pembelajaran keagamaan sesuai visi misi madrasah ibtidaiyah At-Taqwa Bondowoso. Sebagaimana demi menciptakan sekolah yang berstandart dunia akhirat, banyak program kegiatan kegamaan yang diselengarakan di madrasah ini salah satunya ialah kegiatan manasik haji. Pada pelaksanaan program manasik haji di Madrasah Ibtidaiyah Attaqwa Bondowoso, guru dalam hal ini memberikan pembelajaran keagamaan salah satunya ingin mengenalkan tentang kewajiban haji bagi setiap muslim sedini mungkin dan menanamkan nilai karakter yang terdapat pada kegiatan manasik haji tersebut. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus penelitian adalah:1) Bagaimana penerapan program manasik haji dalam pembentukan karakter siswa hubunganya dengan Allah SWT?, 2) Bagaimana penerapan program manasik haji dalam pembentukan karakter siswa hubunganya dengan diri sendiri di Madrasah Ibtidaiyah At-Taqwa Bondowoso tahun pelajaran 2016/2017 ?. Tujuan penelitian adalah: 1) Mendiskripsikan penerapan program manasik haji dalam pembentukan karakter siswa hubunganya dengan Allah SWT. 2) Mendiskripsikan penerapan program manasik haji dalam pembentukan karakter siswa hubunganya dengan diri sendiri di Madrasah Ibtidaiyah At-Taqwa Bondowoso tahun pelajaran 2016/2017. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dekriptif. Penentuan subyek penelitian secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan langkah-langkah yaitu: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitiannya adalah: 1) Penerapan program manasik haji dalam pembentukan karakter hubunganya dengan Allah SWT di Madrasah Ibtidaiyah At-Taqwa Bondowoso yaitu melalui penyelenggaraan program keagamaan manasik haji yang berorientasi pada terbentuknya peserta didik yang beriman dan berakhlaq mulia atas dasar nilai-nilai Islam dengan cara membiasakan diri mewujudkan pola hidup Islami, serta memperluas wawasan siswa tentang makna-makna yang terkandung dalam ibadah-ibadah yang diperintahkan agama, sehingga mampu mengimplementasikanya pada kehidupan sehari-hari. 2) Penerapan program manasik haji dalam pembentukan karakter hubunganya dengan diri sendiri di Madrasah Ibtidaiyah At-Taqwa Bondowoso yaitu kegiatan keagamaan yang mana berorientasi pada terbentuknya karakter pada peserta didik yang mampu menumbahkan sikap jujur, tegas dan berani dalam menjalankan tanggung jawabnya baik secara individual maupun sosial, melatih terampil dan disiplin dalam menjalankan ritual keagamaanya, melatih sikap mandiri sehingga tidak bergantung dengan orang lain serta melatih sikap kerja keras tidak pantang menyerah atas tugas-tugas yang dihadapinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160808 Sociology and Social Studies of Science and Technology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 31 Jan 2023 02:36
Last Modified: 31 Jan 2023 02:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18274

Actions (login required)

View Item View Item